Ini Prestasi Bupati Sidrap, RMS di Tahun 2016

H.Rusdi Masse, Bupati Sidrap.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tahun 2016 menjadi momen yang membanggakan bagi sosok  Bupati Sidrap, Rusdi Masse (RMS). Sepanjang tahun itu Ia menorehkan sejumlah prestasi.

Adapun perhargaan yang diperoleh RMS  yakni penghargaan atas keberhasilannya membangun dan mengembangkan peternakan unggas. Penghargaan ini diserahkan langsung Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang di Kabupaten Bone, 14 Oktober silam.

Kemudian Pemprov Sulsel kembali memberikan dua penghargaan kepada RMS, yakni penghargaan sebagai tokoh pengentas kemiskinan di Sulsel. Dan penghargaan sebagai pendorong UKM dan usaha mikro di Sidrap.

Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) berhasil meraih posisi terendah angka kemiskinan di Provinsi Sulsel. Data kemiskinan Sidrap hanya 5,8 persen dari jumlah penduduk sekitar 283 ribu jiwa.

Meski data BPS tersebut merupakan survei di 2015, namun bupati Sidrap dua periode ini mendapat penghargaan dari Pemprov Sulsel melalui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebagai Tokoh Pengentas Kemiskinan Sulsel. Penghargaan terhadap RMS tersebut diserahkan saat HUT Sulsel tahun 2016 lalu.

Selain itu Ketua DPW Nasdem Sulsel tersebut juga  menyabet dua penghargaan di bidang pendidikan sebagai kepala daerah pemerhati pendidikan di Sulsel. Kedua penghargaan tersebut masing masing  penghargaan atas Percepatan Penuntasan Tuna Aksara dan  Program Literasi Terbaik di Sulsel.

Bupati Sidrap, Rusdi Masse, menerima dua penghargaan sekaligus di bidang pendidikan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (23/11/2016)
Bupati Sidrap, Rusdi Masse, menerima dua penghargaan sekaligus di bidang pendidikan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (23/11/2016)

Penghargaan tersebut diberikan RMS dalam rangka Hari Aksara yang dipusatkan di Lapangan Andi Makkasau Parepare, Rabu (23/11/2016).

Pada pertengahan 2016, BPS melansir pendapatan perkapita masyarakat Sidrap bergerak naik menjadi Rp32 juta pertahun. Jumlah ini melampaui target RPJMD Sidrap, pendapatan perkapita masyarakat Rp30 juta baru bisa dicapai pada 2018 mendatang.

Pada 2016 ini pula, RMS mampu menciptakan taman untuk public space Usman Isa. Taman ini menjadi juga jogging track bagi masyarakat Sidrap untuk berolahraga baik di pagi maupun di sore hari.

Di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Maritengngae atau Pangkajene tambah terang benderang di malam hari. Masyarakat tak perlu khawatir jalan malam di ruas jalan di wilayah tersebut.

Selain itu, pembangunan jalan dan pelebaran jalan atau betonisasi berjalan dari kota hingga pelosok Sidrap.

Tidak hanya masalah kemiskinan dan pendidikan,  di tangan RMS Sidrap  juga menerima penghargaan bidang kesehatan tertinggi dari pemerintah pusat dan  Sidrap memperoleh penghargaan berupa Puskesmas Ramah Anak dari kementerian kesehatan belum lama ini.(*)

 

.

 

PEMKOT-Makassar