IGI Sepakat Guru Honorer Dihapuskan

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim. (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wacana tentang penghapusan guru honorer semakin hangat diperbincangkan. Bahkan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim (MRR) sepakat jika guru honorer dihapuskan.

“Saya sepakat jika guru honorer dihapus, karena memang tidak memanusiakan guru,” kata MRR melalui sambungan telepon.

Berdasarkan data IGI, jumlah guru honor yang ada di Sulsel sebanyak 49818 orang. Jumlah PNS Guru di Sulsel, 79846 orang sedangkan jumlah Guru Tidak Tetap di Sulsel, 9102, sementara Guru Tetap Yayasan di Sulsel 8400 orang .

Dia mengatakan, jika pengurangan tersebut, berdampak pada kurangnya jumlah guru di Sulsel. Menurutnya, harus perlu melakukan penambahan guru dengan seleksi ketat agar diperoleh guru terbaik dengan gaji yang layak.

“Yang paling terpenting itu, guru harus juga memenuhi persyaratan, seperti harus sarjana S1, jurusan pendidikan, wajib memiliki sertifikat PPG dan PLPG dan nomor urut guru”, jelas Ramli Rahim.

Irman Yasin Limpo, Kadis Pendidikan Sulsel
Irman Yasin Limpo, Kadis Pendidikan Sulsel

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo (Irman YL) mempertanyakan keberadaan guru honorer. Menurutnya pengangkatan guru honor tersebut dinilai melanggar Permen PAN nomor 48.

Selain itu untuk menjadi guru harus memenuhi empat persyaratan yakni, sarjana S1, jurusan pendidikan, memiliki Akta 4 dan memiliki nomor urut guru.

“Guru honorer apakah benar guru, kalau PNS jelas formasi gurunya, nah kalau guru honorer bagaimana?, sudah memenuhikah empat syarat itukah. Kalau tidak ada, hancur siswa kalau diajar”, Kata Irman Yasin Limpo. (SO)

PEMKOT-Makassar