Berkas Penikaman Polisi di Balaikota Resmi Dilimpahkan ke Pengadilan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Berkas perkara dugaan penikaman terhadap anggota Satuan Direktorat Sabhara Polda Sulsel, Bripda Michael Abraham dengan tersangka honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, Jusman resmi dilimpah ke Pengadilan Negri Makassar.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino membenarkan hal tersebut. Pihak Kejaksaan Negri Makassar telah membawa berkas perkara tersebut dan akan segera diregistrasi oleh pihak pengadilan, lalu diserahkan ke Ketua Pengadilan untuk menentukan susunan majelis hakim.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino
Juru Bicara Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino

“sudah kita terima secara resmi di pengadilan negri makassar, kita registrasi dulu lalu diserahkan ke ketua pengadilan untuk menentukan majelis hakim dan jadwal sidangnya,” jelas Ibrahim

Mengenai jadwal persidangan kasus ini, lanjut Ibrahim tak ingin memastikan, namun biasanya jika majelis hakim telah ditunjuk, maka persidangannya akan diagendakan pekan depan.

“jadwal sidang itu majelis hakim yang tentukan, saya tidak bisa pastikan tapi biasanya minggu depan,” lanjut Ibrahim

Adapun dalam surat dakwaan, Jusman disangkakan pasal berlapis berupa pasal primer 338 KUHP tentang pembunuhan, sedangkan pasal subsidar 354 ayat 2 KUHP tentang melukai berat yang menyebabkan kematian.

Sementara itu, Kuasa Hukum Jusman, M. Syakkir mengaku telah melaporkan terkait pelimpahan berkas perkara kliennya kepada bagian hukum Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah kota Makassar. Ia pun menegaskan bahwa saat ini ia bersama terdakwa Jusman belum menyiapkan apapun untuk persidangan nanti.

“kita sudah terima laporannya, saya juga laporkan ke bagian hukum satpol pp. kalau untuk persidangan nanti kita liat dulu, kalau memang ada yang urgent kita akan lakukan melalui eksepsi,” Ujar Syakkir

Sebelumnya, Jusman yang merupakan anggota Satpol PP Pemkot Makassar diduga menusuk sebilah badik berukuran 15 sentimeter ke bagian vital, pinggang sebelah kiri korban Bripda Michael Abraham. Akibat penusukan itu, korban mengalami luka robek sedalam 10 sentimeter dan meninggal dunia.(*)

 

PEMKOT-Makassar