Jaksa Resmi Nyatakan Kasasi Untuk Vonis Bebas Idris Syukur.

Saat Andi Idris Syukur, jalani persidangan di Pengadilan Negeri Makassar (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Jaksa Penuntut Umum Kasus dugaan Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang yang melibatkan Bupati non Aktif, Andi Idris Syukur resmi menyetor akta pernyataan Kasasi kepada Mahkamah Konstitusi. Surat Akta Pernyataan Kasasi oleh JPU telah diterima oleh pihak Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar.

Humas Pengadilan Tipikor Makassar, Ibrahim Palino, mengatakan sisa waktu 11 hari itu dihitung dari 14 hari sejak surat akta pernyataan kasasi  itu dimasukkan. Sebagaimana teregristrasi di panitera tindak pidana korupsi, surat akta pernyataan kasasi resmi masuk pada tanggal 6 Januari lalu.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino
Juru Bicara Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino

Sehingga jika dirunut kemudian, maka pemasukan risalah memori kasasi akan jatuh tempo 11 hari dari hari ini atau tanggal 20 Januari mendatang. “Secara resmi kami telah menerima surat akta pernyataan kasasi atas vonis bebas Bupati Barru non aktif, Andi Idris Syukur dari tim JPU Kejari Barru, tetapi memorinya belum ada,” ujar Ibrahim.

Ibrahim mengaku pihaknya menunggu risalah memori kasasi dari JPU. Kata Ibrahim, risalah inilah yang memuat alasan-alasan permohonan untuk pemeriksaan perkara tersebut dalam tingkat kasasi. “Kami masih menunggu memori kasasi baru dikirim ke Mahkamah Agung untuk disidangkan,” tambah Dia.

Ibrahim berharap pihak JPU kembali taat dan patuh pada batas waktu pengajuan memori kasasi, sebab bila melampui batas waktu yang sudah ditentukan berakibat ditolaknya permohonan kasasi tersebut.

Sementara itu menanggapi akta kasasi yang resmi dimasukkan JPU, penasihat hukum terpidana Andi Idris Syukur, Aliyas Ismail mengaku tak mempersoalkan sebab pengajuan kasasi juga merupakan hak JPU. Namun demikian selaku kuasa hukum, Ia berkeinginan melihat alasan-alasan pengajuan kasasi tersebut.(*)

 

PEMKOT-Makassar