Ini Tersangka Kades Laikang Kembalikan Uang Rp200 Juta Hasil Jual Lahan Ke Kejati

Kepala Desa Laikang, Sila Laidi kembalikan uang dugaan korupsi penjualan lahan di Desa Laikang Takalar sebesar Rp.200 Juta di Kejati Sulselbar, Selasa (10/01/2017) (Dok)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kepala Desa Laikang, Sila Laidi yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penjualan lahan negara di Kabupaten Takalar, justru mengembalikan uang dugaan hasil korupsi kepada pihak Kejati Sulsel, Selasa 10 Januari.

Pengembalian uang korupsi ini dilakukan setelah dua tersangka lain, yakni Kepala Kecamatan Mangngarabombang, Noor Uthary dan Sekretaris Desa, Risno Siswanto ditahan pihak Kejati beberapa bulan lalu.

Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin membenarkan pengembalian uang oleh oknum Kepala Desa Laikang tersebut. Jumlah yang dikembalikan sebesar 200 juta rupiah.

“benar bahwa oknum kepala desa datang ke kejati dengan membawa uang sebesar 200juta, penyerahannya langsung dilakukan di lantai 5 ruang penyidik,” Ujar Salahuddin

Sementara itu, Kepala Desa Laikang, Sila Laidi yang ditemui usai melakukan penyerahan uang korupsi kepada penyidik menjelaskan bahwa awalnya ia menerima uang tersebut karena tidak mengetahui bahwa tanah yang dimaksudkan ialah lahan transimigrasi.

“itu uang 100juta dari sekdes, 100juta dari pak camat melalui sekdes lagi, dan saya anggap itu uang yang diberikan kepada saya untuk jadi saksi yang bertandatangan, saya tidak tahu itu lahan transmigrasi,” Ujar Sila Laidi

Uang dugaan hasil korupsi tersebut diterima langsung oleh tim penyidik, dan selanjutnya akan disetorkan kepada Bank Rakyat Indonesia sebagai mitra untuk menyimpan dana tersebut

 

PEMKOT-Makassar