Tahun Ini, Bulog Sidrap Target Pengadaan Beras 88 Ribu Ton

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Devisi Regional (Subdivre) Sidrap kembali menargetkan pengadaan awal beras mencapai 88 ribu ton. Hal itu diungkapkan Kepala Sub Divre Bulog Sidrap, Muhammad Taufik, saat dihubungi, Jumat (13/1/2017).

Ia mengatakan, khusus untuk Kabupaten Sidrap, ditargetkan sekitar 75 ribu ton dan selebihnya 13 ribu dari Kabupaten Soppeng.

“Tahun 2016 lalu, Sidrap hanya mampu merealisasi penyerapan beras dari petani sekitar 70 ribu ton dari target yang diberikan 80 ribu ton beras. Sedangkan Soppeng melebihi target yakni diatas 10 ribu ton dari target 8 ribu ton,” ungkapnya.

Tidak tercapainya target target pengadaan beras di wilayah Subdivre Sidrap yang mewilayahi 3 kabupaten yakni Sidrap, Soppeng, dan Enrekang, disebabkan oleh faktor harga gabah dan curah hujan. Namun, pihaknya optimis pada tahun ini bisa mencapai target dalam rangka peningkatan pengadaan stok beras nasional tahun 2017.

“Kita optimis bisa mencapai target, karena pada tahun 2012 saja kita pernah mencapai 88 ribu ton. Meskipun tidak mencapai target capaian tahun 2016 sebenarnya cukup fantastis,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk target pencapaian tahun 2017 untuk Bulog se Sulawesi Selatan dan Barat sebanyak 400 ribu ton dari 8 Subdivre, dan Subdivre Sidrap mendapat target 88 ribu ton.

“Kalau untuk Subdivre Sidrap, capaian terbanyak dari Kabupaten Sidrap. Kita di Sidrap memiliki 9 gudang, sementara Soppeng 2 gudang, untuk Unrekang tidak ada karena di daerah itu minim persawahan,” pungkasnya.(*)

 

PEMKOT-Makassar