ACC Sulawesi : Vonis Bebas Andi Mappatunru Kado Awal Tahun Yang Pahit

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Andi Mappatunru, terdakwa korupsi dana aspirasi Kabupaten Jeneponto yang di vonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Kota Makassar, pada kamis, 12 Januari lalu.

Vonis bebas yang di berikan oleh Majelis Hakim terhadap Andi Mappatunru dianggap kado awal tahun yang pahit.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Riset dan Data ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi.

“Ini kado awal tahun yang pahit dari Kejati Sulselbar. Ini kasus bebas pertama diawal tahun. Masih ada tersangka lain dalam kasus dana aspirasi ini,”ujar Wiwin

Wiwin meminta kepada Kejati Sulselbar untuk belajar dari bebasnya Andi Mappatunru dan mengevaluasi kembali alat bukti dan konstruksi dakwaannya. Ia khawatir jika alat bukti dan konstruksi dakwaan tidak di perkuat, besar kemungkinan tersangka lainya juga akan diputus bebas.

“Kekuatan alat bukti sangat berpengaruh dalam pertimbangan hakim. Kalau begini kualitas dakwaan penuntut, besar peluang bagi terdakwa lainya untuk bebas. Kita bisa lihat bebasnya semua mantan anggota DPRD Pare-Pare dalam kasus Rumah Dinas,”pungkasnya.

Sementara itu Kajati Sulselbar, Hidayatullah, saat ditemui awak media mengatakan, jaksa akan melakukan upaya hukum Kasasi atas putusan tersebut

“Ini pekerjaan penyidik dari tahun 2015. Akhirnya sewaktu saya mulai menjabat, saya tuntaskan. Tapi kenyataanya diputus bebas, Jaksanya wajib kasasi,” ujarnya.

Ia menambahkan harusnya jangan dilihat apakah dia (Andi Mappatunru) menikmati uang tersebut atau tidak. Tapi harus dilihat juga bahwa proses penganggaran tidak benar.

“Uang itu tiba- tiba muncul di APBD tanpa ada pembahasan, itu masalahnya,”tegasnya.

 

PEMKOT-Makassar