Ini Jumlah Calon Jamaah Haji di Sidrap yang Antri Selama 40 Tahun

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kementrian Agama Kabupaten Sidrap hingga saat ini masih terus menerima pendaftaran para calon jamaah haji. Data terakhir saat ini, calon jamaah haji yang terdafatar di Kementrian Agama Sidrap sudah mencapai 7.000 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementrian Agama Sidrap, Abdul Gaffar, saat dihubungi, Senin (16/1/2017). Beberapa hari lalu, pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota jamaah haji unuk Indonesia sebesar 52 ribu untuk tahun 2017.

Abdul Gaffar mengaku, dengan adanya tambahan kuota tersebut, tentu saja berpengaruh pada kuota Kabupaten sidrap yang sebelumnya memperoleh jatah 203 orang calon jamaah haji saja.

“Jadi dengan adanya tambahan itu, kuota Sidrap kembali normal seperti sebelumnya, menjadi 251 orang, yang sebelumnya ada pengurangan yakni 203 orang,” terangnya.

Meski demikian jika kuota itu dibagi rata untuk seluruh daerah se Indonesia dan tidak diprioritaskan pada daerah yang memiliki daftar antrian yang panjang, maka hal itu tidak begitu berpengaruh besar terhadap kuota Kabupaten Sidrap.

Menurut Gaffar, daftar antrian calon jamaah haji di Kabupaten Sidrap saat ini mencapai 40 tahun. Namun jika ada tambahan kuota, diperkirakan antrian calon jamaah haji di Sidrap menurun menjadi 35 tahun.

“Kita hampir tiap hari menerima pendaftaran calon jamaah haji, bahkan awal tahun ini saja kira-kira ada 7.000 warga Sidrap yang terdaftar. Itupun kami belum cek data yang paling baru. Tentu dengan kondisi itu kami berharap, ada prioritas bagi daerah yang daftar tunggunya paling lama,” harapnya.

Besarnya animo masyarakat Sidrap, lanjut Gaffar, merupakan satu kesyukuran karena hal itu menunjukkan jika tingkat ekonomi masyarakat Sidrap yang terus membaik. Namun disisi lain, dirinya cukup prihatin karena warga yang mendaftar sebagai calon jamaah haji harus menunggu hingga berpuluh-puluh tahun.(*)

PEMKOT-Makassar