Pemkab Wajo Canangkan Gerakan Tanam Cabai dan Bawang

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru pimpin rapat geraakan tanam cabai dan bawang dengan sejumlah pihak terkait, Senin (16/01/2017)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Wajo terus menggalkan gerakan tanam cabai, Senin (16/01/2017) Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru gelar rapat koordinasi gerakan tanam bawang dan cabe (Gerta Babe). Pertemuan ini menghadirkan sejumlah pihak terkait.

Untuk melancarkan gerakan tersebut Pemda Wajo juga melibatkan Kodim 1406/Wajo. Dandim 1406/Wajo, Letkol INF Arif Susanto mengatakan, siap mengawal program ini.  Bahkan kata dia, pihaknya telah memerintahkan 10 Danramil dari 14 kecamatan di Wajo.

“Kami siap membantu dan mendukung program Pemda Wajo ini. Karena salah satu program nawacita presiden,” katanya.

Gerta Babe ini, merupakan salah satu program inovasi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan hasil produksi tanaman bawang dan cabe sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di Kabupaten Wajo.

Hasri As Kabag Humas Pemda Wajo,  mengatakan, kebutuhan terhadap bawang merah dan cabe yang kian meningkat saat ini, maka pemerintah Kabupaten Wajo yang didukung oleh kondisi alamnya dinilai sangat memungkinkan, mejadi salah satu daerah sentra produksi bawang dan cabe di Indonesia.

“Kondisi Wajo yang subur sangat cocok untuk dijadikan sentra produksi bawang dan cabe di Indonesia,” harapnya.

Melalui gerakan tersebut. Kabupaten Wajo diharapkan menjadikan Daerah  pilot project pengembangan tanaman hortikultura, serta menyediakan benih varietas unggul bawang merah kualitas impor sebagai salah satu upaya substitusi (pengurangan ketergantungan terhadap pasokan impor).

“Dengan program ini di Kabupaten Wajo, diharapkan dapat meningkatkan produksi bawang dan cabe tanah air, sehingga dapat menekan laju inflasi terhadap kelangkaan bahan pangan khususnya bawang dan cabe dipasaran,” terangnya.

Sebelumnya Andi Buhanddin Unru juga mengajak warga menaman cabai di Pasar Sentral Kecamatan Belawa,  di Siyo Desa Lepanggeng, Jum’at (13/01/2016) lalu.(*)

 

PEMKOT-Makassar