Kejari Makassar Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Dana Koperasi

SUARACELEBES.COM , MAKASSAR – Kejaksaan Negri Kota Makassar akhirnya menetapkan tiga tersangka dalam Kasus Korupsi Pengelolaan Bantuan Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PDB-UMKM).

Kepala Kejari Makassar, Deddy Suwardy Surachman mengungkapkan, ketiga tersangka yakni Yudo Bahari, Andi Marwan serta satu orang yang masih disembunyikan identitasnya dengan alasan keamanan.

“Tiga tersangka yang ditetapkan ini berdasarkan pengembangan dari penyidikan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi Sulsel,” ucap Deddy

Deddy mengatakan ketiga tersangka ini ditetapkan atas perannya sebagai pemilik/pengelola koperasi simpan pinjam (KSP) Berkah Bahari. Koperasi ini kata Deddy, merupakan koperasi fiktif yang semua prosedur pendiriannya tidak didasari dengan data sebenarnya alias fiktif.

“Jadi ini koperasi fiktif tetapi dapat dana bergulir nilainya miliyaran rupiah. Nah, uang itu kemudian tidak digulirkan ke anggota koperasi malah dinikmati sama Yudo dan dua rekannya itu,” jelas Deddy.

Deddy menambahkan, jika sebelumnya dua dari tiga tersangka yaitu Yudo Bahari dan Andi Marwan juga ditetapkan tersangka pada penyidikan Kejati, atas perannya selaku Kepala Bagian (Kabag) di Divisi Bisnis LPDB dengan perbuatan membantu koperasi-koperasi mengurus dokumen manipulatif agar lolos verifikasi, alias selaku broker.

Sementara Andi Marwan Kejati dijerat karena melakukan korupsi dana bergulir sebesar Rp7 miliar saat menjabat sebagai Ketua Koperasi Duta Mandiri.”Jadi meski mereka tersangka di Kejati, dia juga tersangka di Kejari. Jadi nanti sidangnya dua kali dan dituntut pun dua kali,” tambahnya

 

PEMKOT-Makassar