Belum Lengkap Fasilitas, Sebabkan Pelabuhan Untia Belum Dioperasikan

Presiden Jokowi beberapa waktu lalu meresmikan pelabuhan Untia.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sudah 66 hari berlalu pasca Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Perikanan Untia, Kecamatan Biringkanaya Makassar, 26 November 2016 lalu, namun sampai saat ini pelabuhan tersebut masih sepi dari aktivitas pelabuhan.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, alasan belum dioperasikan pelabuhan tersebut dikarenakan, masih banyak fasilitas nelayan yang belum tersedia di lokasi tersebut.

“Masih ada fasilitas yang harus disediakan, seperti SPBU-nya agar nelayan bisa langsung membeli bahan bakar di Untia, pabrik es juga harus ada dan lainnya, ini sementara proses,” kata SYL di Makassar, Rabu 25 Januari 2017.

Menurutnya, pelabuhan pada umumnya yang sudah jadi, tidak dapat langsung digunakan, biasanya menunggun hingga 10 tahun lamanya, namun dia memastikan pelabuhan tersebut akan beroperasi tahun ini.

“Ketika semua fasilitas sudah lengkap, pastinya semua kapal nelayan akan sandar di pelabuhan Untia. Maka dari itu kami sementara memperbaiki jalannya, kementrian lagi mempersiapkan perlengkapan fasilitasnya. Jadi saya jamin tahun ini sudah bisa beroperasi,” tuturnya.

Pelabuhan Untia dibangun karena, Pelabuhan Paotere sudah over kapasitas, olehnya itu pelabuhan Untia nantinya dapat menampung 300 kapal mulai dari ukuran 5 GT sampai 30 GT dengan target produksi perikanan sekitar 1.680 ton pertahun.(*)

 

PEMKOT-Makassar