Dinas UMKM Sulsel Data UKM yang Aktif

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan kini mulai melakukan pendataan terhadap UKM yang aktif. Data tersebut nantinya akan dijadikan dasar pemberian bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Pemerintah pusat dalam hal ini menteri koperasi akan memberikan modal bagi pelaku UKM. Agar lebih bisa kreatif dalam berusaha,” terang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Syamsu Alam Ibrahim, Senin (30/1/2017).

Rencananya bantuan yang akan diberikan tahun ini diharapkan bisa memudahkan produksi dan pemasaran produk UKM di daerah.

Selain itu, pemerintah daerah juga akan melakukan penataan dan pemasaran seperti pengemasan kemasan yang baik. Sehingga pasar UKM di Sulsel bisa bersaing.

“Yang kami inginkan adalah bagaimana para pelaku UKM bisa mengahasilkan usaha yang bagus dan siap bersaing di mana pun,” kata dia.

Untuk Sulsel sendiri, saat ini ada kurang lebih 916 ribu UKM yang tersebar di 24 kabupaten dan kota. Kedepan akan lebih mudah karena menteri koperasi sudah jelas dan akan menfasilitasi modal kepada UKM mulai dari Rp 25-50 juta, dan Rp 25-500 juta.

“Sekarang para UKM harus kreatif agar bisa bersaing lebih lagi, apalagi sudah sangat mudah semuanya,” jelas dia.

PEMKOT-Makassar