Penanaman Modal Asing di Sulsel Serap 4000 Tenaga Kerja

Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sulsel A.M Yamin

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tingginya nilai investasi di Sulawesi Selatan dinilai mampu mempengaruhi kebutuhan tenaga kerja. Hal ini juga berdampak positif dalam mengurangi tingkat jumlah pengangguran.

Sebelumnya Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sulsel mencatat, nilai investasi pada 2016 yang mencapai Rp8,4 trilun dapat menyerap tenaga kerja 8.538 orang. Baik dari Penanaman Modal Asing (PMA), maupun Penanaman Modal Daerah Nasional (PMDN).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sulsel, AM Yamin menjelaskan, tenaga kerja yang tercatat adalah mereka yang mengambil perizinan.

“Tenaga kerja yang dicatat ini, sesuai terlapor dan mengambil izin disini. Lagi pula dalam mengeluarkan izin kerja mereka harus sesuai dengan aturan, dan perusahaan yang memasukkannya,” pungkas AM Yamin, (31/1/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah tenaga kerja yang diserap dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), masing-masing TKI sebanyak 4.436 orang, sedangkan TKA sebanyak 27 orang dari total jumlah proyek 181.

Sedangkan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) jumlah tenaga kerja yang diserap masing-masing TKI mencapai 3.882 orang, dan TKA sebanyak 193  orang dengan jumlah total proyek 100.

Sementara mengenai isu tenaga kerja asing ilegal yang masuk, Yamin mengaku secara umum tidak terlalu berdampak terhadap investor di Sulsel. Ia menegaskan ada aturan mengeluarkan izin tenaga kerja yang sudah jelas. Yakni hanya boleh untuk tenaga ahli saja.

“Investor harus mengikuti aturannya, tidak boleh sembarangan juga,” tambahnya.

 

PEMKOT-Makassar