Kemendikbud Sidrap dan USAID Latih Guru Tentang Praktik Pembelajaran yang Baik

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kabupaten Sidrap menggelar pelatihan desiminasi Modul III di SMP Negeri 1 Pancarijang, Selasa (31/01/2017). Pelatihan ini juga digelar berkat kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap dengan USAID Prioritas Kabupaten Sidrap.

Pelatihan yang mengambil tema praktik pembelajaran yang baik tingkat SMP ini dibuka langsung oleh Kadisdikbud Sidrap, Nurkana`ah dan dihadiri Koordinator USAID Prioritas wilayah Sidrap Asma Salam.

Dalam sambutannya Nurkanaah mengatakan, dalam pelatihan ini para peserta akan belajar tentang berbagai gagasan terkait pembelajaran, antara lain pembelajaran kontekstual, pembelajaran kooperatif, menciptakan lingkungan kelas yang mendorong siswa untuk belajar, mengelola pembelajaran agar efektif, merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengakomodasi perbedaan individu dan gender, merancang lembar kerja peserta (LKP) dengan pertanyaan tingkat tinggi, merancang penilaian ountentik serta mengembangkan literasi melalui pembelajaran mata pelajaran.

“Karena itu pelatihan ini penting bagi guru-guru kita. Untuk hari ini, kegiatan pelatihan ini di pusatkan di SMP Negeri 1 Pancarijang, karena pelatihan ini diikuti oleh para guru SMP di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Baranti, Kulo, Pancarijang. Kemudian akan dilanjutkan di Kecamatan Pituriawa, Pituriase dan Dua Petue yang kegiatannya akan dipusatkan di SMP Negeri 2 Dua Pitue,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Nurkana’ah juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada USAID Prioritas.

Menurutnya, kehadiran USAID di Kabupaten Sidrap sangat membantu Pemerintah Kabupaten Sidrap, khususnya disdikbud untuk mengembangkan mutu pendidikan di Kabupaten Sidrap.

“Alhamdulillah pendidikan di Kabupaten Sidrap bisa dikenal hingga ke tingkat nasional, salah satunya berkat bantuan USAID Prioritas ini,”ujarnya.

Sementara itu Koordinator USAID Kabupaten Sidrap, Asma Salam mengatakan, dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dan menjadikan pendidikan di Kabupaten Sidrap semakin maju dan berkembang.

“Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dan diperuntukkan bagi para guru IPA, IPS, Bhs Indonesia dan Bhs Inggris. Diikuti 10 sekolah SMP, dan diikuti 50 guru, karena masing-masing sekolah mengutus 5 guru. Saya berharap, mudah-mudahan pelatihan ini bisa menginsiprasi dan menambah pengetahuan bagi para peserta (guru-guru),” tandasnya.

PEMKOT-Makassar