Ini Tiga Daerah yang Rawan Bencana di Sulsel

Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsibar.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sejumlah daerah di Sulawesi Selatan dinyatakan rawan bencana alam. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan Syamsibar.

Ia mengungkapkan, bencana alam yang rawan terjadi yakni bencana angin puting beliung. Daerah yang dianggap rawan diantaranya, Kabupaten Pangkep, Maros dan Sidrap. Syamsibar mengatakan, ketiga daerah tersebut sering terjadi angin puting beliung setiap tahunnya.

“Yang biasa kena, itu kena lagi di tahun berikutnya. Seperti Maros, Pangkep dan Sidrap. Hampir setiap tahun kena di titik yang sama. Itukan mencari wilayah terbuka. Kita melihat Kota Makassar sudah mulai masuk rawan. Di area perumahan ada beberapa angin-angin puting beliung cukup kencang yang terjadi,” jelas
Syamsibar, Minggu (5/2/2017).

Syamsibar menambahkan, dari 13 bencana yang rentan di Indonesia, ada empat di antaranya yang rentan terjadi di Sulsel. Yaitu banjir, longsor, abrasi, dan angin puting beliung.

“Ini yang perlu kita waspadai. Khususnya pada cuaca ekstrim seperti saat ini,” imbuh Syamsibar.
Ia mengatakan saat ini angin kencang dari Pantai Barat. Hingga pertengahan tahun Februari ini diperkirakan masih akan berlangsung angin kencang. Menurut laporan BMKG, dipredik
April mendatang Sulsel masih akan diterpa angin kencang dari Pantai Timur.(*)

PEMKOT-Makassar