Harga Tabung Gas Elpiji 3kg di Sidrap Tembus Rp 27 Ribu

Dinas Perdagangan Kabupaten Sidrap terus menggelar operasi pasar gas elpiji di 11 kecamatan di wilayahnya.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dinas Perdagangan Kabupaten Sidrap terus menggelar operasi pasar gas elpiji di 11 kecamatan di wilayahnya.Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Sidrap, La Mare mengatakan, sebanyak 2.240 tabung gas elpiji 3 kg disediakan di setiap kecamatan.
Selain itu, warga yang ingin membeli tabung harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Saat ini, harga tabung di penjual eceran mencapai Rp27.000 per tabung pak,” kata seorang warga.

Kelangkaan Liquified Petroleum Gas (LPG) atau elpiji ukuran 3 kg juga dirasakan di sejumlah daerah. Kelangkaan bukan disebabkan karena stok yang berkurang atau rantai distribusi yang bermasalah, namun dicurigai karena ulah oknum spekulan yang bermain.
Operasi pasar tersebut dilakukan  untuk menghindari kelangkaan dan Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat pengecer. Sebelumnya, ratusan warga pun rela antre menunggu berjam-jam untuk bisa membeli gas elpiji 3 kg. Bahkan ada juga warga yang mengeluh akibat penyalurannya lambat.
“Operasi pasar ini kita lakukan untuk menekan kelangkaan dan harga yang tidak sesuai HET dengan melakukan pengawalan pendistribusian gas elpiji yang langsung ke masyarakat pengguna,” kata Lamare.
Operasi pasar dimulai pada 26 Januari hingga 9 Februari mendatang, dengan menyediakan tabung sekitar 24 ribu lebih. Adapun harga yang dikeluarkan petugas dalam operasi pasar tersebut yakni Rp15.500 per tabung.

Gas elpiji 3 kg di sejumlah daerah di Sulsel, termasuk Kabupaten Sidrap saat ini langka akibat konversi penggunaan bahan bakar tersebut di sektor pertanian maupun peternakan.

PEMKOT-Makassar