Populer di Media Sosial, Arqam Azikin Didorong Maju Pilgub Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tokoh penggerak pemuda, Arqam Azikin akhir- akhir ini ramai diperbincangkan di media sosial bakal maju di pemilihan gubernur Sulawesi Selatan. Bahkan Fotonya yang beredar berpasangan dengan mantan bupati Gowa dua periode Ichsan sempat viral di media sosial.

Selasa (07/02/2017) Gambarnya kembali beredar masuk lima besar bakal calon gubenur Sulsel yang populer dan viral di media sosial, seperti facebook dan beberapa group WhatsAPP.

Dalam gambar yang beredar Arqam Azikin sejajar dengan Empat tokoh lainnya yaitu Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid, Nurdin Abdullah dan Akbar Faizal.

Munculnya Nama Arqam Azikin ini, sebagai bakal calon gubernur sulsel sejumlah pemuda dan tokoh yang ada di group WhatsAPP Geng makassar, group accarita dan kedai warkop mendorong Arqam Azikin Maju pada pemilihan gubernur yang digelar 2018 mendatang.

Melihat fenomena ini, Dosen Ilmu pemerintahan Unismuh, Abdurrahman, bahwa gejala viral foto-foto tokoh sulsel ini membuktikan bahwa media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari sendi kehidupan yang bisa mempengaruhi orang mengambil keputusan, di era demokrasi cyber seperti saat ini. Kemajuan teknologi informasi telah membentuk dunia baru yang biasa disebut Global Village, yang tidak terbatas ruang dan waktu lagi.

“Sering sekali aspek popularitas seorang tokoh menjadi variabel pendukung yang sejalan dengan aspek elektabilitas dan akseptabilitas, tinggal bagaimana tokoh itu cara menawarkan gagasan-gagasannya,”ujar Abdul Rahman

Menurutnya tingkat kepopuleran seorang tokoh di media sosial bisa mengimbangi kepopuleran seseorang tokoh yang sebelumnya terkenal di media mainstream, yang sebelumnya telah banyak mengeluarkan biaya-biaya entertain atau iklan politik atas dirinya.

Seperti sosok Arqam Azikin, yang dikenal sebagai tokoh penggerak kaum muda, yang menjadi bahasan populer di beberapa grup whatsapp, sebagai tokoh alternatif yang juga patut diberi kesempatan menawarkan gagasan-gagasan kepemimpinannya.

“Di era cyber democracy, makin banyak kesempatan bagi siapapun untuk mengorbitkan atau diorbitkan oleh komunitasnya lewat sosial media, tokoh yang diorbitkan harus memanfaatkan momentum sebaik-baiknya,”tutupnya.

PEMKOT-Makassar