Korban UU ITE, Yusniar Dituntut 5 Bulan Penjara

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik, Yusniar dituntut lima bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang hari ini, 08 Februari 2017

Dalam sidang, jaksa membacakan tuntutan terhadap Yusniar yang sebelumnya didakwa pasal 45 ayat 1 jo. Pasa 27 ayat 3 dan meminta Majelis hakim menjatuhkan vonis berdasarkan tuntutannya.

“terdakwa dituntut lima bulan penjara,” ujar singkat jaksa usai menghadiri sidang tuntutan Yusniar

Mendengar tuntutannya, Yusniar sontak menyebut tidak terima dengan apa yang menjadi tuntutan jaksa terhadap dirinya.

“saya tidak terima, saya yang mau dibongkar rumahku, kenapa saya yg dipenjara hanya karena saya curhat di facebook,” kesal Yusniar

Yusniar menjadi salah satu korban dari penerapan pasal karet yang ada dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ia sempat mendekam dalam rumah tahanan, sebelum akhirnya penangguhan penahanannya dikabulkan majelis hakim.

Postingan status no mention dalam akun facebook milik Yusniar menjadi awal mula ia dilaporkan oleh Legislator DPRD Kabupaten Jeneponto, Sudirman Sijaya atas dugaan pencemaran nama baik.

Sementara itu, Kuasa Hukum terdakwa, Azis Dumpa menjelaskan bahwa ia akan menyiapkan surat pembelaan dan akan dibaca pada sidang selanjutnya dalam dua pekan mendatang.

“kita akan berupaya maksimal agar yusniar bebas, kita akan buat pembelaannya dulu,” ungkap Azis

PEMKOT-Makassar