Kejati Sulselbar Kantongi Nama Tersangka Dugaan Korupsi Alkes Pangkep

Salahuddin, Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep resmi memasuki tahap penyidikan. Bertepatan dengan masuknya kasus ini ke tahap penyidikan, pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan juga telah mengantongi nama-nama tersangka dalam kasus yang disinyalir merugikan negara hingga ratusan juta rupiah.

Adapun identitas tersangka yang dianggap bertanggung jawab dalam kasus ini, Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin enggan berspekulasi. Namun bocoran dari tim penyidik, tersangka yang dianggap bertangungg jawab berinisial S.

“Tim penyidik telah melakukan gelar perkara dalam rangka mematangkan penaganan perkara. Penyidik juga sudah mengantongi beberapa nama yang dianggap bertanggung jawab dalam kasus tersebut,” ujar Salahuddin.

Hasil gelar perkara lanjut Salahuddin, telah di temukan fakta bahwa telah terjadi indikasi penggelembungan dana atau mark up serta alat yang tidak sesuai spesifikasi dalam proyek pengadaan Alkes di Kabupaten Pangkep pada tahun 2016.

“Harga barang 500 juta, ternyata dari hasil penyelidikan harga barang aslinya hanya 200 juta jadi ada sisa Rp 300 juta dan ternyata barangnya juga ada yang ilegal,”pungkasnya.

Salahuddin juga menambahkan bahwa indikasi lain dalam kasus ini ialah adanya kongkalikong antara pihak Panitia lelang dengan rekanan atau perusahaan pemenang tender.

“Sudah ada permufakatan jahat antara pihak rekanan dengan panitia lelang yang sudah bertemu dan membicarakan terkait proyek itu. Kontraktor juga sudah menunjuk semua tempat- tempat termasuk syarat- syarat spesifikasi pekerjaan,” tutup Salahuddin

 

 

PEMKOT-Makassar