Soal Ancaman Blok Anggaran Sulsel, Mendikbud Kekanak-kanakan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –  Peringatan dan sekaligus ancaman Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi yang memblokir anggaran atau dana fisik dan non fisik dari pusat untuk Sulsel hanya karena surat dari Pemprov Sulsel yang meminta agar jika menteri berkunjung ke sekolah di daerah Sulsel harus memberitahukan ke Pemprov Sulsel.

Irfan AB (int)
Irfan AB (int)

“Itu menteri kekanak kanakan. Masak hanya karena mendapatkan surat dari Pemprov dan Dikdik langsung ngambek dan mengancam dan bersurat akan menghentikan dana dari pusat ke Pemprov Sulsel,” ujar legislator Sulsel dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Irfan AB.

Padahal menurut Irfan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Sulsel okeh Irman Yasin Limpo bersama Sekprov Sulsel A Latif hanya berusaha menegakkan dan meluruskan serta menata birokrasi yang ideal di Sulsel.

Hal yang sama dikatakan Ketua PGRI Sulsel Prof Wasir Thalib. Dia menambahkan, sebaiknya memang jika ada kunjungan menteri ke sekolah harus ditahu Pemprov Sulsel.

“Jangan karena diingatkan lewat surat tiba tiba memberikan sanksi. Itu menandakan bahwa pemerintah pusat itu kekanak kanakan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Mendikbud memberikan surat kepada Pemprov Sulsel mengancam akan memblok dana dari pusat untuk pemprov Sulsel di sektor pendidikan hanya karena surat dari gubernur Sulsel Syahrul YL yang mengigatkan idealnya berbirokrasi di Indonesia. “Kunjungan seorang menteri kenapa tidak berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Ini ironi pemerintahan di Indonesia. Pemprov tahu melanisme, kementerian kok berkelakuan anak anak,” ujar pengamat politik pemerintahan Arief Wicaksono.(*)

 

PEMKOT-Makassar