Fenomena Pilkada Takalar, Incumbent Sudah Tidak Menjanjikan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR- Kekalahan Incumbent di Pilkada Takalar menjadi pelengkap atas sejumlah incumbent yang sebelumnya kalah melalui Pilkada di daerah ini.

Pilkada serempak 2015 lalu, juga terdapat dua incumbent yang mengalami kekalahan, Luwu Utara, Toraja Utara dan Tana Toraja. Fenomena ini menurut pengamat Politik Arqam Azikin disebabkan karena lahirnya figur yang tumbuh di tengah tengah masyarakat mampu mengalahkan figur kepala daerah itu sendiri.

Contoh Takalar. Selisih tipis versi Real Qount dan hasil sementara melalui PPK Takalar menempatkan SK-HD mengungguli incumbent. “Ini menandakan SK-HD tentu lebih dominan dibanding Bur-Nojeng” kaya Arqam Azikin, alumni Komunikasi Universitas Hasanuddin ini.

Dalam konteks Takalar menurut Arqam, incumbent terlihat kesulitan yang luar biasa mengambil basis basis Syamsari yang tersebar di Takalar. Ini yang Incumbent tidak sadari. Tapi lanjutnya, ketokohan dan kedekatan Samsari kepada masyarakat yang menjadi lebih dominan ditambah lagi dengan kekuatan yang berada dibalik kemenangan SK-HD. “Di sini RMS dan Nasdem tepat menetapkan Samsari sebagai calon nya di Takalar”jelas Arqam.

Fenomena tumbangnya incumbent di Takalar kini menjadi trend event Pilkada yang berlangsung di Sulsel. Selain karena munculnya tokoh yang lahir dari masyarakat juga disebabkan mesin partai serta ketokohan seseorang dibalik kemenangan penantang. “Incumbent harus waspada. Tidak selamanya incumbent mampu mempertahankan kekuasaannya. Masyarakat makin cerdas melihat calon” tutup Arqam.(*)

PEMKOT-Makassar