banner dprd mkassar

JK Grounbreaking Pusat Riset Kakao Pangkep

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, PANGKEP — Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) melakukan Peletakan Batu Pertama Pusat Penelitian dan Pengembangan Kakao PT. Mars Symbioscience Indonesia di Kelurahan Attang Salo, Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, Sulsel, Sabtu (18/11).

IMG_2462

Pada peletakan batu pertama atau groundbreaking ini, JK didampingi Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL),  berserta Dewan Direktur PT (Board of Director) Mars, Inc. Frank Mars.

Pusat penilitian ini menempati area seluas 95,2 hektar dengan nilai invetasi Rp50 miliar. Diharapkan menjadi pusat pengembangan yang menghasilkan kakao yang unggul dan tahan lama.

Pusat penelitian ini menjadi tercanggih kedua di Indonesia, yang pertama di Tarengge Sulawesi Selatan yang telah dibangun 2010.

Wakil Presiden JK mengapresiasi kehadiran pusat penelitian kakao tersebut. Menurutnya,  sebuah pusat penelitian penting karena dapat meningkatkan produktivitas petani.

IMG-20171118-WA0096

JK menyebutkan Indonesia selalu meningkatkan produktivitas produksi coklat, walaupun saat ini jumlahnya masih jauh diharapkan.Produksi kakao Indonesia 290.000 metric ton musim panen 2016/2017.

Dia menambahkan, pengelolaan coklat di Sulsel berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

“Di Sulsel kebun dimiliki oleh masyarakat, masyarakat jadi pemilik bukan buruh,” ucapnya.

Karena masyarakat petani tidak memiliki kemampuan di bidang research atau penilitian, maka pengusaha besar mengambil peran tersebut.

JK menyebutkan sebuah daerah akan maju perekonomiannya ketika memiliki nilai tambah.

Sementara itu, Gubernur Sulsel SYL menjelaskan, kehadiran pusat riset tanaman kakao itu menjadi bagian yang lama telah dinantikan oleh masyarakat Sulsel.

SYL menyebutkan Mars adalah perusahaan multinasional yang sangat peduli pada terhadap peningkatan kualitas kakao dan kesejateraan petani.

“Mars telah mengawal aktivitas percoklatan di Sulsel, dalam catatan saya 15 tahun. Mars salah satu perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan akrab dengan pemerintah,” sebutnya.

Menurutnya perusahaan harus mengambil peranan memajukan industri percoklatan bersama pemerintah.

Dewan Direktur Mars Frank Mars menjelaskan,  fasilitas di Pangkep ini adalah fasilitas penelitian terbesar ke dua di Indonesia.

“Ini terbesar ke dua di Indoensia, dibangun oleh Mars karena prinsip mutualitas,” ungkap Mars.

Mars menjelaskan bahwa kakao telah membuka lapangan pekerjaan bagi 6,5 juta keluarga petani di seluruh dunia. Namun, 40 persen produksi yang ada menurun karena serangan hama, penyakit dan praktik pertanian yang kurang tepat.

Mars juga mendirikan pabrik kakao di Makassar, dimana hasilnya berupa produk dengan beberapa merek yang dipasarkan termasuk Snicker’s, Dove, Wrigley’s, Whiskas, Pedigree dan Royal Canin.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan kerjasama bersama Univeritas Hasanuddin dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, serta penanaman bibit kakao. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *