Kampanye Stop Perkawinan Anak di Pangkep Dihadiri Bupati, Ini Katanya

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kampanye gerak bersama bertajuk ‘Akhiri Perkawinan Anak Usia Dini’ ini dipusatkan di Pelataran Bambu Runcing, Kota Pangkep, Minggu (10/12/2017).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Pangkep Syamsuddin A. Hamid ini diinisiasi oleh LBH Apik Makassar dan beberapa CSO yang bekerja di Pangkep seperti KPI, YKPM Sulsel, Aisyiyah dan gabungan CSO lainnya.

Dalam sambutannya, Syamsuddin A Hamid menyerukan, agar perkawinan anak dan kekerasan Perempuan dan Anak itu dihentikan.

“Menghentikan Perkawinan Anak usia dini, dan menghapus kekerasan seksual kepada perempuan dan anak adalah tanggung jawab kita semua,” tegas Bupati Pangkep dihadapab ribun peserta kegiatan.

Selain Bupati Pangkep, tampak juga sejumlah petinggi Kabupaten Pangket tak ingin krtinggalan dalam event tersebut diantaranya, anggota DPRD Pangkep, Kemenag, perwakilan sekolah perempuan dari kepulauan dan pegunungan.

Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pentas seni dari Forum Anak Saudara Pangkep, orasi dari CSO, pemerintah dan anggota DPRD, penandatanganan di kain putih dan pelepasan balon sebagai bentuk dukungan ‘Stop Perkawinan Anak’.

Selanjutnya, mewakili anggota sekolah perempuan pulau, Ibu Cedo memberikan souvenir miniatur perahu yang bertuliskan “stop perkawinan anak” di sisi kiri dan “sekolah perempuan” di sisi kanan kepada bupati Pangkep sebagai simbol perjuangan mereka dalam menghentikan perkawinan anak di pulau.(*)

PEMKOT-Makassar