Bupati Bone Menghadiri Pesta Rakyat di Desa Mattoanging

SUARACELEBES.COM, BONE — Bupati Bone, Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. menghadiri Pesta Rakyat di Desa Mattoanging, Kecamatan Tellu Siattinge, Kamis, 8 November 2018.

Pesta Rakyat yang digelar di Lapangan Sepak Bola Mattoanging tersebut, bertemakan “Jujungngi Pangadereng ri Kalawing Ati Macinnotta ” artinya Junjunglah Peradaban dengan hati suci.

Pesta yang digelar sebagai wujud kesyukuran kepada Allah Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang diperoleh dan diselenggarakan tiap tahunnya usai pascapanen.

Dalam kegiatan itu menampilkan permainan rakyat seperti, Masempe, Mappere, dan Mappadekko yang dimainkan warga setempat dan warga desa tetangga.

Kepala Desa Mattoanging H.Abustan, S. mengatakan, hari ini kita adakan kembali pesta adat tahunan, semua ini terselenggara berkat kerja sama seluruh masyarakat Mattoanging.

Pendapatan panen masyarakat Desa Mattoanging tahun ini meningkat atas bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, atas pembangunan Lumbung Tani pada tahun 2017 lalu.

“Semoga atas terselenggaranya acara ini bisa mempererat tali silaturahmi kita semua terkhusus masyarakat Mattoanging tutup,” H.Abustan.

Sementara Bupati Bone mengatakan, kita patut bersyukur atas kesehatan dan kesempatan kita bisa kembali menggelar Pesta Rakyat pasca panen tahun ini.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah simbol masyarakat Mattoanging yang selalu bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya” atas pencapaian panen hasil bumi tahun ini,” ungkap Bupati Bone.

Lebih lanjut Bapak Bupati mengatakan, karena momentum seperti ini adalah wadah saling bersilaturrahim, antara warga setempat maupun warga Mattoanging yang tengah berada jauh diperantauan hingga dari pulau Jawa, Kalimantan, Malaysia yang rela pulang untuk bersama-sama merayakan Pesta Rakyat sebagai bagian dari nilai-nilai budaya leluhur kita.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPR RI, H.A.Rio Idris Padjalangi, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab.Bone, H.A.Herman Sampara.S.E.,M.Si., Kadis Kebudayaan Kab.Bone, H.A.Promal Pawi, S.T.,M.Si., Kasat Pol PP Bone, M.Zainal,S.E. dan Forkopimcam Tellu Siattinge. (*)