Dipanggil Sebagai Saksi, Ola Mallawangeng Akan Ungkap Pelanggaran 15 Camat Dukung Capres di Bawaslu

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Video dukungan terhadap Capres – Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin yang melibatkan 15 camat di Kota Makassar terus bergulir di Bawaslu Sulsel.

Selain memeriksa 15 camat di Makassar, bawaslu Sulawesi Selatan juga meriksa sejumlah saksi terkait Video itu. Diantaranya tokoh Pemuda Sulsel, Ola Mallawangeng juga menerima surat panggillan dari Bawaslu sebagai saksi dari pihak pelapor.

Ola Mallawangeng membenarkan adanya surat panggilan tersebut. “Surat panggilan dari pihak Bawaslu Sulsel saya sudah terima. Saya dipanggil sebagai saksi dari pihak terlapor,” kata Ola sapaanya, saat ditemui di Warkop Phoenam Boulevard, Makassar, Minggu (24/02/2019).

Dalam Surat panggilan itu, Ola Mallawangeng akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada senin tanggal, Minggu (25/02/2019) di Sentra Gakkumdu Bawaslu Sulsel.

Menurut Ola Mallawangeng dirinya akan memberi keterangan terkait keaslian video yang beredar, sebanyak 15 camat bersama mantan gubernur SulSel, Syahrul Yasin limpo deklarasi dukungan kepada calon Capres dan Cawapres nomor Urut satu. Ola Mallawangeng mengatakan seorang ASN yang terlibat dalam politik praktis, sudah pasti melanggar peraturan yang ada.

“Saya akan memberi keterangan terkait keaslian video itu, apakah masuk dalam tindak pidana pemilu. Nanti lihat keterangan saya di Bawaslu apakah meringankan atau memberatkan dalam pelanggaran pemilu,” jelas Ola.

Sebelumnya, beredar video yang berisi deklarasi dukungan kepada calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi). Video berdurasi 1 menit itu diawali perkenalan diri seseorang bernama Syahrul Yasin Limpo. Dia adalah mantan Gubernur Sulsel.

“Saya, Syahrul Yasim Limpo, beserta seluruh camat se-Kota Makassar,” kata Syahrul di awal video itu. Ucapan Syahrul lalu diikuti beberapa orang yang mengaku sebagai camat di Makassar. Dalam video itu, Syahrul menyatakan dukungan dan tekad mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Mendukung calon presiden nomor 01 Joko Widodo bersama Ma’ruf Amin satu periode lagi menjadi presiden. Mari sama-sama berjuang dan berjihad untuk nomor…,” kata Syahrul. Rekaman video terputus pada menit pertama.(*)