Aliyah Mustika Bagi-bagi Kulkas dan Sepeda di Manggala

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham membagikan dorprize berupa 1 unit kulkas, 1 handphone (HP), 2 rice cooker, 2 dispenser dan 2 unit kompor gas kepada ratusan warga kelurahan Manggala, kecamatan Manggala, kota Makassar, Sabtu (09/03/2019) kemarin.

Dorprize tersebut dibagikan secara undi kepada warga yang mengikuti Sosialisasi Advokasi, melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang merupakan kerjasama antara BKKBN dengan Komisi IX DPR RI.

“Ini hadiah dari BKKBN yang merupakan hasil perjuangan kami di Komisi IX DPR RI,” kata Aliyah.

Pada kesempatan tersebut, Aliyah Mustika juga menyampaikan pentingnya menerapkan program KB dalam kehidupan keluarga.

“Sangat penting kita mengikuti program KB, karena dalam program ini kita bisa merencanakan masa depan keluarga kita dengan baik,” ujar Aliyah.

Program KB, lanjut Isteri Ilham Arief Sirajuddin ini, tidak seperti yang dipahami oleh masyarakat selama ini yang melarang masyarakat melahirkan anak lebih dari dua orang.

“Perlu kita ketahui, bahwa program KB itu tidak melarang kita melahirkan anak lebih dari dua anak, tapi bagaimana kita mengatur jarak serta menyesuaikan dengan kondisi agar anak yang kita lahirkan menjadi generasi baik,” tutur mantan Ketua PKK kota Makassar ini.

Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah dalam materinya mengatakan, bagi wanita yang mengandung anak pada usia di bawah 20 tahun sangat rentan terkena penyakit.

“Kalau perempuan mengandung anak pada usia dibawah 20 tahun, itu sangat bahaya terkena penyakit kanker serviks. Begitu juga dengan jarak anak yang terlalu dekat,” tutur Amirullah Hamzah.

“Jadi saya harap kita bisa jaga jaraknya, jangan terlalu dekat, paling tidak 5 tahun jarak antara anak pertama dan anak kedua supaya kandungan ibu sudah betul-betul siap kembali untuk mengandung anak dan dipastikan aman dari resiko,” ucapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut ketua RW-9 Kelurahan Manggala, Abdul Muin Sani, dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Manggala, Husni Mubarak.