Demi Kesehatan, Anak Dibawah 12 Tahun Dilarang Masuk Ruang Perawatan RSUD Andi Makkasau

SUARACELEBES. COM, PAREPARE– Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare melarang anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke area rawar inap pasien.

Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeny Sari membenarkan hal itu dan kata dia, ada beberapa pertimbangan ilmiah sehingga anak usia di bawah 12 tahun dilarang masuk ke area rawat inap Rumah Sakit (RS).

“Anak usia dibawah 12 tahun memiliki sistem imunitas yang belum sempurna sehingga bersiko terkena infeksi Nosokomial yang dapat ditularkan oleh Pasien,” jelas Renny, selasa (26/3/2019).

Lanjut Renny menambahkan, rumah sakit sebagai tempat berkumpulnya orang sakit memungkinkan banyak penyakit berbahaya yang mudah ditularkan dari orang sakit ke orang lain disekitarnya, termasuk anak-anak.

“Kuantitas dan kualitas serta ketahanan terhadap antibiotik dari bakteri dan kuman penyakit di rumah sakit menyebabkan bakteri di RS jauh lebih ganas dibandingkan bakteri yang sama di tempat umum lainnya,” terangnya

Olehnya itu, Renny menyarankan agar anak-anak di bawah usia 12 tahun sebaiknya tidak diikutsertakan ke RS sebagai tempat ribuan jenis bakteri berkeliaran.

“Kalau kita sayang  anak, kita harus lindungi mereka, dan kalaupun harus ikut ke RS, kami dari RSUD Andi Makkasau telah menyiapkan wahana bermain anak di luar area rawat inap,”pungkasnya.(*)