Pemkot Parepare Kordinasi Instansi Kepelabuhan Kendalikan Penyebaran Penyakit

Nasdem

SUARACELEBES. COM, PAREPARE, – Upaya membangun pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan dan upaya upaya mencegah masuknya resiko penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, maka Pemerintah Kota terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti instansi perhubungan laut/syahbandar, beacukai, imigrasi, kesehatan, karantina serta pihak keamanan.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Parepare Menegaskan kepada semua Lembaga tersebut, serta elemen masyarakat, agar bekerjasama mencegah masuknya penyebaran penyakit di Kota Parepare.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Parepare H.Pangerang Rahim, saat hadir Pad Kegiatan Pertemuan Kedaruratam Kesehatan Masyarakat yang digelar di Hotel Kenari, Senin 1 April 2019 kemarin.

“Komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab, dan dampak yang ditimbulkan serta tindakan yang harus dilakukan dalam menangani penyebaran penyakit,”tandas pangerang.

Lanjutnya, upaya pencegahan lainnya juga dilakukan Pemerintah Kota, dengan menempatkan petugas kesehatan di Pelabuhan Nusantara dalam kegiatan pengamatan penyakit dan faktor resiko kesehatan masyarakat. di samping itu, kapal – kapal yang tidak memenuhi syarat seperti tidak mempunyai dokumen kesehatan, tidak diberikan Surat Persetujuan Berlayar Karantina Kesehatan serta Surat Persetujuan Berlayar.

“Kesehatan merupakan hak dasar manusia yang paling monumental. Makanya, ini menjadi komitmen dan bagian dari keseriusan Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Parepare,”pungkasnya.(*)