Antusias Warga Bontoa Sambut Kedatangan Aliyah Mustika Bersama BKKBN

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ratusan warga terlihat antusias menyambut kedatangan Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, di Kampung Bontoa, Kelurahan Parangloe, Kecamatan Tamalanrea, Jl. Insinyur Sutami, Kota Makassar, Kamis (04/04/2019).

Tokoh Masyarakat Kampung Bontoa, Muliyadi, yang turut hadir menyambut kedatangan Aliyah Mustika mengatakan, sejak lima tahun lalu hingga saat ini warganya tidak pernah dikunjungi oleh pejabat Anggota DPR RI.

“Selamat datang kembali ibu Aliyah di kampung Kami, kami sangat bahagia dikunjungi oleh pejabat sekelas DPR RI, selama lima tahun ini cuma ibu Aliyah yang sudah beberapa kali mengunjungi kami di sini,” ucap Muliyadi.

Aliyah yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI, datang bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan untuk mensosialisasikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE).

Ia mengatakan, sudah menjadi kewajibannya sebagai wakil rakyat untuk terus rutin mengunjungi warga dengan membawa program kerja yang bermanfaat.

“Ini sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai Anggota DPR. saya duduk di DPR karena di pilih oleh rakyat, jadi saya juga harus membalas kebaikan rakyat saya,” kata Aliyah.

Pada kesempatan tersebut, Aliyah juga mengimbau kepada seluruh warga agar merencanakan masa depan anak mereka dengan baik tidak terburu-buru menikahkannya.

“Janganki buru-buru nikahkan anakta, jangan juga tergiur dengan uang panai yang banyak, sekolahkan dulu mereka baik-baik hingga di perguruang tinggi, bimbing mereka sampai mendapatkan pekerjaan yang baik, setelah itu semua baru kita berpikir untuk menikahkan mereka,” ujar Ketua PKK Kota Makassar tahun 2004-2014 ini.

Ketua BKMT Kota Makassar ini mengatakan, pernikahan di usia muda bagi anak, akan berdampak buruk terhadap masalah rumah tangga yang akan sulit mereka hadapi.

“Namanya juga anak-anak, pikiran mereka belum terlalu dewasa jadinya kalau ada masalah rumah tangga, pasti mereka akan kesulitan untuk selesaikan,” ujar Isteri Ilham Arief Sirajuddin ini.

“Ayo bimbing anak-anakta dengan baik, bekali masa depan mereka dengan baik supaya kehidupan mereka juga jadi baik,” tutur Aliyah.

Sementara, Kepala Bidang Advokasi dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah yang hadir sebagai pemateri mengungkapkan, pernikahan usia muda juga akan berdampak pada masalah risiko kandungan.

“Kalau perempuan usia dibawah 20 tahun mengandung anak, ini akan berdampak pada risiko masalah kandungannya. Sangat berbahaya dan rawan terkena penyakit kanker serviks,” ungkap Amirullah Hamzah.

Selain itu, Amirullah mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ikut pada kegiatan tersebut untuk menghindari empat terlalu.

“Pertama terlalu muda melahirkan yang tadi saya jelaskan. Yang kedua terlalu tua, nah ini juga sangat berisiko terhadap kandungan, usia diatas 35 tahun kalau bisa berhentimi melahirkan karena risiko kanker rahim sudah menghantui kita. Ketiga dan keempat adalah terlalu sering dan terlalu dekat jaraknya, ini semua dampaknya sangat berbahaya bagi ibu dan anaknya,” imbuhnya.