MRP: Gerindra-NasDem Perlu Kerja Keras Tumbangkan Golkar

Nasdem

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Hasil survei beberapa lembaga menempatkan Partai Golkar sebagai salah satu partai yang memiliki respon sangat baik dari pemilih menjelang Pileg 2019.

Salah satu indikatornya adalah elektabilitas partai berlambang beringin ini meningkat menjadi 11,5% atau berada di urutan ketiga setelah PDIP dan Gerindra secara nasional.

Partai Golkar bahkan menempel ketat Gerindra yang meraih 11,7%. PDIP tak terkejar dengan perolehan 24,2%.

Itu berdasarkan lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dilansir baru-baru ini.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden. Pengambilan data survei dilakukan pada 22-29 Maret 2019. Margin of error dalam survei sebesar +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Untuk Sulsel sendiri, Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel Muhammad Risman Pasigai menyebutkan jika Golkar masih akan menguasai perolehan suara sama bahkan lebih dari pileg sebelumnya.

Risman yang juga caleg DPR RI dari Golkar Dapil Sulsel 1 ini mengaku tak begitu khawatir dengan pergerakan sejumlah parpol yang digadang-gadang menjadi pesaing berat, seperti Gerindra dan NasDem.

Menurutnya, Gerindra dan NasDem belum mampu menyaingi Golkar yang masih mendapat kepercayaan besar dari masyarakat Sulsel.

Dia juga menilai jika survei Golkar yang masih tinggi di Sulsel karena kemampuan kader menjaga kepercayaan publik.

Risman yang juga Wakil Ketua Umum KNPI dan AMPI pusat ini menyebut Golkar memiliki kedewasaan berpolitik dan memiliki strategi yang selalu tepat dalam segala kondisi.

“Kalau Gerindra dan NasDem tak usah mimpi dulu. Dengan survei ini, kita tetap yakin Golkar masih akan menguasai perolehan suara di Sulsel. Sabar dulu lah,” kata Risman di kantor Golkar Makassar, Jumat (5/4/2019).

Di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, kata dia, performa Partai Golkar juga masih sangat kelihatan, meski di beberapa daerah dipimpin kader non Golkar.

Risman yang mantan Jubir Nurdin Halid-Aziz Qahhar di Pilgub Sulsel 2018 ini juga menyebut hasil survei sebelumnya yang menyebut beberapa dapil akan dikuasai Golkar.

Dari hasil survei tersebut, Risman juga mengaku yakin perolehan kursi Golkar juga akan meningkat di Sulsel sesuai komitmen Ketua DPD Golkar Sulsel Nurdin Halid.

Untuk DPR RI, Golkar menargetkan 8 kursi dari 5 kursi sebelumnya dan DPRD Sulsel ditargetkan 22 kursi dari 18 kursi sebelumnya.(*)