Wali Kota Parepare Teken MoU dengan BPD dan BPN

SUARACELEBES. COM, PAREPARE- Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe bersama Kepala Daerah se-Sulawesi Selatan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Direktur Bank Sulselbar dan Kepala BPN daerah masing-masing. Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Makassar, Selasa, (9/4/2019).

Penandatanganan perihal optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersama pihak Bank Sulselbar, sebagai bentuk kesepakatan pembayaran dan pemungutan pajak dan retribusi daerah secara online.

Sementara dengan BPN, disepakati kerjasama pengintegrasian data pertanahan dengan PBB perkotaan/perdesaan dan bea perolehan hak atas tanah bangunan, sertifikasi aset pemerintah, pembuatan dan pemanfaatan zona nilai tanah serta dukungan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap.

Penandatanganan itu disaksikan Pimpinan KPK RI, Basaria Panjaitan, dan Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah.

Pimpinan KPK RI, Basaria Panjaitan berharap MoU tersebut akan berdampak pada peningkatan PAD dan mewujudkan tranparansi pengelolaan keuangan dan aset, serta tranparansi pungutan pajak dan retribusi daerah.

Hal itu kata dia, 80 persen kasus Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan KPK merupakan kasus suap. “Pemberantasan korupsi tanpa transparansi hasilnya nol, sehingga sistem online menjadi sarana untuk mewujudkan tranparansi itu,” ujar Basaria.

Sementara itu, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, penandatanganan MoU tersebut sejalan dengan pemerintahan Parepare yang dicananangkan sebagai tahun integritas di 2019 ini.(*)