Kawasan Kaliber Senggol Diawasi Dinkes Parepare Bersama BTKL Sulsel

SUARACELEBES. COM, PAREPARE – Dinas Kesehatan Kota Parepare bersama BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan) Provinsi Sulsel melakukan pembinaaan dan pengawasan makanan jajanan di Kawasan Kuliner Senggol Parepare.

Itu dengan melakukan uji petik dan kajian terkait kualitas makanan jajanan di Kawasan Kuliner Senggol.

Yusri, SKM dari Dinas Kesehatan Parepare mengharapkan makanan jajanan atau makjan yang ada di Kawasan Kuliner Senggol memenuhi syarat kesehatan baik syarat kimia dan bakteriologisnya serta memiliki nilai gizi dan protein yang baik.

“Dalam kegiatan ini yang diperiksa adalah pertama, sumber air bersih dan air minum, kedua bahan pangan, ketiga bahan tambahan makanan, keempat peralatan makanan, kelima kesehatan penjamah melalui rectal swab, dan keenam persyaratan kesehatan tempat jualan,” terang Yusri, Rabu (10/4/2019).

Sementara itu, Sekkot Parepare yang juga Plt. Kadis Kesehatan mengatakan, Out put dari kegiatan tersebut ada suatu kajian tentang kualitas makanan jajanan di Kawasan Kuliner Senggol berdasarkan uji petik atau hasil pemeriksaan laboratorium.

Metode yang digunakan adalah wawancara dengan kuisioner, survei atau pengamatan langsung, pengambilan dan pemeriksaan sampel. Pelaksanaan kegiatan berlangsung 9-12 April 2019.

“Tujuan kegiatan adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Parepare sebagai wujud pencapaian kota sehat dan kota tujuan wisata,” tandas Iwan Asaad.(*)