Pangerang Rahim : Kita Ingin Parepare Jadi Kota HAM

SUARACELEBES. COM, PAREPARE –Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bertekad menjadikan daerahnya sebagai kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Ini disampaikan Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, di hadapan Kakanwil Kemenkumham Sulsel, saat rapat koordinasi kriteria kabupaten/kota peduli HAM, di Aula Kantor Walikota, Kamis (11/4/2019).

“Kami bertekad jadikan Parepare sebagai kota peduli HAM. Dimana pemenuhan hak asasi sejalan dengan pemenuhan kebutuhan dasar,” ujarnya.

Pemenuhan kebutuhan dasar yang dimaksud, lanjut dia, yaitu pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dan sosial.

“Selain itu, guna mewujudkan Parepare peduli HAM. Pemkot menjamin hak-hak politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dengan begitu, kita dapat memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan bagi masyarakat,” jelas dia.

Menurutnya, berbagai program telah dilaksanakan sebagai wujud membangun kota peduli HAM di Parepare. Namun, dibutuhkan peran seluruh stakeholder agar pelaksanaan HAM dapat ditegakkan.

“Sebelumnya Kota Parepare telah ditetapkan sebagai kota layak anak, kota adipura, kota sehat, kota tertib ukur dan semuanya itu adalah modal besar bagi kita mewujudkan Parepare sebagai kota peduli HAM,” tandasnya.(*)