Sinergi Kelolah Sampah Pegadaian-Pemkot Parepare

SUARACELEBES. COM, PAREPARE-PT.Pegadaian (Persero) Parepare bekerjasama dengan pemerintah Kota Parepare, meresmikan Bank Sampah dengan mengangkat tema ‘The Gade Clean & Gold’ di Kulurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, jumat (12/4/2019).

Deputi Pimpinan PT. Pedagaian Persero Area Parepare, Marthinus menuturkan, melalui Bank Sampah, Pegadaian ingin mengubah sampah rumah tangga menjadi tabungan emas.

“Kami mengajak Pemerintah Kota Parepare dan masyarakat bagaimana dapat mengatasi masalah sampah mengolahnya menjadi nilai uang dan emas,”terang dia.

Peresmian itu juga sekaligus memberikan bantuan kepada pemkot Parepare senilai 149 juta karena telah melaksanakan pengelolaan bank sampah aktif yaitu di Kelurahaan Labukkang.

“Berbicara sampah sebagian masyarakat mengatakan berbahaya, namun hari ini pegadaian hadir mengubah mindset masyarakat, sampah ternyata bisa jadi uang, inilah yang kami tawarkan kepada pengepul sampah, bisa mengkonfersi sampah menjadi emas yaitu cukup 6ribu rupiah nilai sampah yang dikumpulkan, bisa langsung jadi emas sebesar 0,01 gram,”tambahnya

Sementara, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, merespon baik atas kerjasama yang ditawarkan oleh PT. Pegadaian Persero Area Parepare.

Taufan mengatakan, apa yang dilakukan oleh pegadaian adalah kerja-kerja dalam bentuk sosial.

“Saya mengapresiasi atas tawaran kerjasama dengan PT. Pegadaian Persero, terima kasih atas bantuan yang diberikan, Insha Allah kita sinergikan ini, dan perlu diketahui sampah di Parepare ini memang mengandung nilai ekonomi,”papar Taufan

Melalui sinergitas itu juga tambah Taufan, ada hal positif yang diberikan kepada pemkot Parepare.

“Ada nilai edukasi, mengatar kami mendapat reword presatasi tinggi. Jadi saya sangat mensupport dan tentunya saya mau minimal satu Kecamatan ada dua kelurahan yang bisa jadi percontohan jejak sampah,”harap Taufan.(*)