Bimtek Aparat Petugas Negara Terkait Pemilu, Ini Penyampaian Walikota

SUARACELEBES.COM, PALOPO – Bimbingan Teknis Pengamanan TPS Bagi Anggota Linmas Dalam Rangka Pemilihan Umum Presiden, Legislatif & DPD Di Wilayah Kota Palopo. Berlangsung di Lap. Tennis Indoor Saokotae Kota Palopo, Sabtu 13 April 2019.

Sambutan Walikota Palopo Drs, H. Judas Amir menyampaikan “kepada Anggota Linmas untuk bisa melaksanakan tugas dengan biak, tugas yang sangat mulia ini bagi negara kita, dan saya mengucapkan terimah kasih kepada semua keluarga dalam hal ini Linmas, sudah berkenan datang, bagi yang belum ada seragam Linmas untuk menyampaikan langsung kepada Kasat Pol-PP.

Lanjutnya “sebelum kita ke TPS pada tanggal 17 April kita akan diberikan honor senilai 400 ribu. Dengan harapan kerjalah dengan tekun, dan tidak boleh meninggalkan TPS sebelum seluruh rangkaian acara selesai dengan tuntas. Jangan sampai terpengaruh dengan hal yang tidak baik, dan semua pasti sudah mempuanyai pilihan masing-masing, kecuali TNI/Polri. Anggota linmas pada saat hendak ke TPS, tidak boleh memakai lambang partai. Dan anggota linmas nantinya akan di bina setiap bulannya, kita akan melakukan pertemuan, seperti melakukan kerja bakti untuk kota kita ini agar bersih, dan Kita jadikan kota Palalopo ini kota paling aman dalam pemilihan pilpers, tugas Linmas adalah bagaimana orang datang ke TPS menggunakan hak pilih dan jangan sampai golput, pemilihan bisa selesai dangan baik, dan aman,” tandasnya.

Dilanjutkan dengan pembagian insetif Yang diwakili oleh para Camat se-kota Palopo. Adapun personil Anggota Linmas berjumlah 950 orang.

Sambutan Kapolres Kota Palopo AKBP Ardiansyah, SIK, “dengan penggecekan anggota linmas yang ada di Kota Palopo ini, dan saya mengucapakan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Walikota atas inesiatif dalam memanggil seluruh anggota linmas sekota Palopo sekalian mengecek kesiapan anggota Linmas, untuk terkhusus pakaian yang ibu/bapak Pakai itu adalah simbol negara, saya berucap terima kasih seluruh anggota linmas yang telah hadir, semata-mata kita kumpul disini, bagaimana kita bersiap menghadapi pesta demokrasi, semoga menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.”

Lanjutnya, “Senin kita akan adakan apel Linmas. Untuk di setiap TPS kami menyiapkan personil Polri 1 orang untuk menjaga TPS, dan untuk anggota linmas harus menggambil nomor Telfon personil kami, dan tugas Limnas memantau logistik pemilu yang akan disalurkan TPS untuk di tempatkan di tempat yang aman, dan memastikan kegiatan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) logistik pemilihan sampai dengan kegiatan pencoblosan.

Dimana Linmas bisa mengajak semua masyarakat untuk hadir pergunakan hak pilih dan jangan sampai ada yang golput. Semua Linmas harus menggunakan seragam, adalah simbol pengamanan Linmas, dan Limas adalah pengaman di TPS, semoga kita semua bisa melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, saya menaruh harapan Anggota linmas untuk ke amanan Kota Palopo kita cintai ini, bisa terwujud palopo yang aman sejuk dan damai.” tutur Ardiansyah.

Sambutan Mayor Infantri Martinus mewakili Dandim Sawerigading Kota Palopo “Linmas adalah perlindungan masyarakat tugas linmas tugas yang mulia, Tampa linmas Kita tidak bisa berbuat apa-apa, dengan dibekali dengan seragam dan tongkat, tanggung jawab ini harus di pertanggung jawabkan dengan baik, dan apabila ada kejadian didalam TPS Linmas yang bertanggung jawab, tugas Linmas harus tegas, jangan takut di belakang Linmas ada Polri, TNI, karena Linmas adalah perpanjangan tangan Polri dan TNI. Hari ini adalah pengecekan Anggota Linmas dimana kita mempersiapkan keamanan bagi kota tercinta kita ini.” harapnya.

Dari KPU Kota Palopo yang disampaikan oleh Iswandi Ismail mengatakan bahwa “Anggota Linmas yang saya banggakan, sebagai orang yang terlibat dalam pengamanan, Linmas juga di butuhkan netralitasnya, melayani semua pihak yang adil dan menyeluruh, dengan mengunakan sosmed yang pintar, dan menaggapi brita hoax, 3 hal yang harus di perhatikan yaitu politik uang, politik Sara, hoax berita bohong. Dan apabila menemukan money politik anggota Linmas bisa melaporkannya, apa bila mendaptkan seperti politik uang. KPU menjadwalkan distribusi logistik pada tanggal 16 April 2019 keseluruh TPS dikota Palopo dan akan di hadiri PPS, KPPS dan Linmas”

Sambutan ketua panwaslu Kota Palopo, “bagaimana mewujudkan pemilihan ini yang jujur, adil dan aman. Pam tps untuk menjaga netralitas, dan saya menyampaikan kepada setiap Anggota linmas supaya netralitas memantau, mengamankan TPS, semoga pemilihan pilpres ini berjalan dengan Aman dan sejuk.” tandasnya.

Tampak hadir pula Kasat Pol-PP Ade Chandra, Kepala Kesbangpol Naso Sulaiman, Camat dan Lurah dan anggota Linmas se-kota Palopo.(*)