KPK Geledah Kantor PT Adhi Karya di Makassar, Ini Yang Diamankan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelah kantor PT Adhi Karya, di Jalan Hertasning Raya, Makassar, Senin (29/4).

Penggeledahan di kantor PT Adhi Karya di Makassar ini terkait penyidikan dugaan korupsi pengadaan dan pembangunan gedung kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Provinsi Sulawesi Utara, di Kabupaten Minahasa, pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tahun Anggaran 2011.

RMS

Penggeledahan yang berlangsung sekitar pukul 11.00 Wita. Sejumlah penyidik KPK yang dikawal dua anggota polisi bersenjata lengkap, membawa keluar sebuah koper berwarna biru, dan dua kotak hitam berukuran besar, yang diduga berisi dokumen terkait kasus dugaan korupsi pembangunan kampus IPDN di Minahasa, Sulawesi Utara.

Setelah penyidik KPK memasukkan koper dan kotak hitam ke dalam bagasi mobil Toyota Innova, rombongan penyidik yang menggunakan 4 mobil Toyota Innova langsung meninggalkan kantor PT Adhi Karya, Makassar.

Dalam kasus ini, sebelumnya, pada 13 Maret lalu,  penyidik juga menggeledah kantor PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya di Jakarta terkait kasus ini. Adapun pembangunan dua gedung kampus IPDN di Gowa, Sulawesi Selatan dan di Minahasa, Sulawesi Utara dilakukan di tahun anggaran 2011.

KPK juga menetapkan sejumlah tersangka, yakni pejabat Kementerian Dalam Negeri, Dudy Jocom; Kepala Divisi Gedung PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Adi Wibowo; dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Dono Purwoko.

KPK menduga kedua proyek itu merugikan negara sekitar Rp21 miliar, yang dihitung dari kekurangan volume pekerjaannya. Rincian proyek IPDN Gowa sekitar Rp11,8 miliar dan proyek IPDN Minahasa sekitar Rp9,3 miliar.(*)