Polemik Bonus Atlet, DPRD Parepare Bakal Panggil Kadis KOP

SUARACELEBES.COM, PAREPARE –Para atlet Parepare peraih medali pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI sepertinya masih harus menungggu terkait bonus yang dijanjikan.

Pasalnya hingga saat ini, anggaran bonus yang digelontorkan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (KOP) tak kunjung dicairkan.

RMS

Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahma Sjamsu Alam mempertanyakan alasan Kadis KOP untuk merasionalisasi bonus atlet tersebut.

“Padahal bonus atlet iini sudah menjadi produk Perda APBD Parepare 2019. Kalaupun ada rasionalisasi, maka itu adalah kewenangan DPRD bukan OPD,”

Ia mengatakan, rasionalisasi pemberian bonus berupa menambah, mengurangi atau menghapus suatu kegiatan sesuai ketentuan adalah kewenangan DPRD pada saat pembahasan.

“Karena hak penganggaran atau Budget melekat pada diri anggota DPRD,”ungkap Rahmat yang juga Ketua DPC Demokrat Parepare ini, Minggu (28/4/2019).

Lebih lanjut, kata Rahmat bahwa jika hak badgeting (penganggaran) tidak ada maka buat apa APBD dibahas di DPRD.

“Dalam aturan baik UU Nomor 23 Tahun 2014 maupun PP yang baru yakni PP12 tahun 2018 dikatakan bahwa APBD dibahas bersama antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintan Daerah,”ujarnya.

“Sekarang saja pembahasan APBD sudah tidak lagi melibatkan Komisi terkecuali ada hal-hal yang urgent,”tambah anak mantan Wali Kota Parepare, Sjamsu Alam ini.

Karena masalah bonus atlet ini menggantung, Ia pun berinisiatif mengundang Kepala DKOP, Kepala BKD, Sekda, TAPD, dan Ketua KONI untuk membahas tuntas hingga ada solusi.(*)