Kadis Pertanian Tolitoli, Rustan Rewa Jamin Ketersedian Cabai Hingga Lebatan

SUARACELEBES.COM, TOLITOLI – Kepala dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura Pertanian Kabupaten Toli Toli, Rustan Rewa kini tengah fokus memonitoring ketersediaan cabai rawit merah untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan 2019.

Monitoring salah satunya dilakukan di Kecamatan Dampal Selatan, Desa Lempe yang merupakan salah satu sentra cabai merah di Kabupaten Toli Toli. Berdasarkan pantau yang dilakukan Rustan Rewa menjamin ketersediaan cabei kecil dan keriting di Toli Toli siap sampai setelah Ramadhan.

“Luas khusus untuk penanaman cabai daerah Dampal Selatan seluas 5 ha, Basidondo seluas 3 ha, Lampasio 3 ha, Galang 3 ha, dan Toli Toli Utara seluas 4 ha. Ini cukup untuk pasokan Tolitoli Dan Daerah tetangga termasuk ke Provensi Kaltara,” kata Rustan Rewa, Minggu (26/05/2019).

Antisipasi ini sudah dilakukan jauh selumnya, panen cabai dilakukan pada saat ramadhan, karena tinggi kebutuhan masyarakat.

“Capaian ini atas jauh jauh hari arahan Bapak Bupati Toli Toli Dan dukungan beliau kepada kami sehingga langkah langkah antisifasi menghadapi ramadhan bisa tersedia,” ucap Rustan.