Direktur Eksekutif Indodata : Generasi Milenial Perlu Masuk Kabinet Bentuk Politik Representatif

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Direktur Eksekutif Indodata Danis T Saputra mengatakan generasi milenial perlu masuk kabinet sebagai bentuk politik representatif. Menurutnya, keberadaan generasi milenial penting sebagai bentuk keseimbangan politik.

“Kabinet Pak Jokowi mendatang perlu ada keseimbangan. Generasi milenial perlu masuk kabinet sebagai bentuk wujud politik representatif,” kata Danis T Saputra, Sabtu (25/5/2019)

Sementara itu, peneliti INDEF Abra El Talattov mengatakan bahwa ada beberapa kementerian selayaknya diisi generasi milenial. Setidaknya ada empat kementerian, yakni Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dan Kementerian Pertanian.

“Intinya para pejabat yang ditunjuk nanti memiliki wawasan yang luas dan kapasitas untuk melakukan negosiasi internasional dan komunikasi di level global,” terang peneliti INDEF Abra El Talattov, Sabtu (25/5/2019).

Secara global, Abra menyebut bahwa telah terjadi transformasi ekonomi dalam bentuk digital. Kondisi itu diyakini akan merambah ke sektor-sektor lain.

“Perkembangan teknologi ini kan harus direspon. Jadi menteri yang ditunjuk nanti, harus memiliki kapabilitas untuk menyesuaikan tantangan sekarang, seperti ekonomi digital,” jelasnya.(*)