Walikota Parepare Laporkan ke KPK Terkait Kiriman Parcel

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe melaporkan tindakan gratifikasi berupa pemberian parsel lebaran yang dikirimkan kepadanya dari sejumlah Pengusaha. Pelaporan itu disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) di Inspektorat Kota Parepare.

Kepala Bagian Humas dan Setdako Parepare, M Anwar Amir membenarkan, jika Wali Kota Parepare telah melaporkan parsel kiriman yang ditujukan kepadanya dari beberapa Pengusaha.

Tak hanya Walikota, namun Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim juga melakukan tindakan yang sama saat menerima kiriman parsel tersebut. Bahkan parsel-parsel itu diserahkan langsung ke Inspektorat Parepare.

“Saat Mendapat kiriman Parcel, Pak Wali dan Pak Wawali langsung melaporkan kepada UPG Inspektorat Parepare untuk diteruskan ke KPK,” ungkap M Anwar Amir.

Dihubungi terpisah, Inspektur Kota Parepare, Husni Syam mengatakan, tindakan pelaporan yang dilakukan Walikota dan Wakilnya sesuai instruksi dalam surat edaran KPK tentang gratifikasi.

“Harus dilaporkan, paling lambat 30 hari sejak parsel diterima, tapi Pak Wali dan Wawali Parepare langsung melaporkan pada hari itu juga. Pencegahan gratifikasi, termasuk pemberian parsel lebaran tertuang dalam surat edaran Kemendagri nomor 003.2/3975/SJ dan 003.2/3976/SJ 16 Mei 2019, dan surat edaran KPK Nomor B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 8 Mei 2019 Tentang Imbauan Pencegahan Gratifikasi terkait hari raya keagamaan,” urai Husni.

Komitmen memberantas korupsi melalui pencegahan gratifikasi pada hari raya keagamaan juga diwujudkan Pemkot Parepare melalui surat edaran Walikota bernomor 800/145/org.

“Dalam surat edaran tersebut memuat mengenai larangan ASN menerima gratifikasi baik berupa uang, bingkisan, parsel, fasilitas dan bentuk pemberian lainnya dan larangan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik,” detail Husni, sapaan karibnya.(*)