Walikota Palopo Terima Tim Penilai Tertib Administrasi Tim Penggerak PKK Tingkat Nasional 2019

SUARACELEBES.COM, PALOPO – Walikita Palopo HM Judas Amir di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo menyambut kedatangan Rombongan Tim penilai tertib Administrasi Tim Penggerak PKK Tingkat Nasional 2019 di aula Kantor Walikota Palopo, Jumat 21 juni 2019

Pada kesemptan itu HM. Judas Amir mengucapkan selamat datang kepada tim penilai di Kota Palopo. Dan menurutnya berbicara pemerintahan tentunya tidak lepas dari tim penggerak PKK

Lanjut Judas, sesungguhnya gerakan PKK merupakan faktor kunci dalam proses pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah hingga kepemerintahan paling bawah mampu berperan serta dalam pembangunan.

” Artinya bagus tidaknya sistem pemerintahan tentu TP PKK punya peran dan andil di dalamnya.’ Ungkap Walikota.

Penegasan tersebut disampikan Walikota Palopo karena selaku orang nomor satu di Palopo dirinya merasakan betul peran TP PKK. Kalau TP PKK sudah bekerja dengan baik, yang merasakan pasti masyarakat.

Lanjutnya, TP PKK adalah perpanjangan tangan dari pemerintah kepada masyarakat, artinya PKK mampu mengantisipasi hal hal yang kurang baik di masyarakat khususnya bagi kaum perempuan atau Ibu Ibu.

” Kita tidak akan pernah berhenti menghimbau kebaikan kepada masyarakat, dan PKK sebagai perpanjangan tangan pemerintah tentunya akan membantu menyampaikan kebaikan yang sama,” Ungkap Walikota Palopo.

Sementara itu, ketua Umum tim penggerak PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang di wakili oleh Dra. Hj. Nursilah menyampaikan bahwa Lomba dalam rangka Hari kesatuan Gerak (HKG) PKK yang diselenggarakan tiap tahun ternyata direspon secara positif baik oleh pemerintah daerah maupun oleh pemerintah desa dan kelurahan.

” Dan alhamdulillah antusiasme masyarakat terhadap kegiatan lomba dalam rangka hkgb ini cukup besar,” Ungkap dr. Erni.

Hal tersebut ditegaskan olehnya karena sesuai data jika ditinjau dari peningkatan kualitas penyelenggaraan kegiatan lomba dalam rangka hkg PKK, semakin hari semakin baik dan membawa nilai-nilai positif.

“Nilai positifnya karena sasaran penilaian tertuju pada pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.” Jelasnya.

Ditambahkan dr. Erni. Mengimbangi respon positif dari pemerintah daerah dan antusiasme masyarakat seperti itu maka pihaknya juga melaksanakan penyesuaian pada aspek penyelenggaraan lomba dalam rangka HKG PKK .

” Di antaranya mulai tahun 2019 ini daerah yang mengikuti lomba sebanyak 11 daerah yang masuk dalam nominasi nasional menjadi 6 daerah setiap kategori lomba.” Paparnya.

Untuk penilaian tambahnya lagi sejalana dengan itu pula pihaknya juga melakukan peningkatan kualitas manajemen penilaian yang meliputi materi penilaian tahapan proses dan mekanisme penilaian sampai dengan penentuan juara pada saatnya nanti yang dilakukan secara berjenjang terbuka dan akuntabel sehingga merupakan Instrumen penilaian yang ideal dan objektif.

” melalui pembinaan dan peningkatan manajemen penilaian seperti itu maka saya mengharapkan agar lomba ini memiliki potensi dan nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas termasuk Para pelaku pembangunan para Pimpinan dan pimpinan di semua tingkatan.” Harapnya lagi.

Ia juga menyampaikn agar prestise dan prestasi yang ada di setiap dearah tetap dapat terjaga keseimbangannya karena biasanya lokasi pemenang juara lomba dalam rangka HP ini menjadi ajang studi banding menjadi tempat saling berbagi pengalaman sebagai tempat pembelajaran nyata dan percontohan bagi daerah lain.

Ketua tim penggerak PKK Kota Palopo Dr. Utiah Sari menyampaikan berbagai kegiatan sudah dilaksanakan TP PKK Kota palopo, dan itu tercantum pada 10 program pokok PKK dimana hal tersebut telah berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat.

Ia juga menyadari bahwa karena PKK adalah suatu organisasi sosial masyarakat yang besar dan memiliki jaringan yang sangat luas bahkan sampai pada tingkat desa dan dasawisma karena itu dalam rangka mencapai tujuan pelaksanaan program harus didukung penataan kelembagaan dan penataan dokumen administrasi secara teratur dan tertib sesuai dengan pedoman yang berlaku.

” dan hal ini hanya dapat terpenuhi bila pengelolaan administrasi PKK berjalan dengan baik di semua tingjatan” Tandasnya.

Turut hadir sekertariat tim penilai tingkat nasional Sugiarti, sekertaris PKK kota palopo Suriani Kaso, ketua GOW Nurlinda Sabani, ketua persit candra kirana isyadora, ketua Ika DDPR, para ketua TP PKK tingkat kecamatan dan kelurahan, serta para camat dan lurah.(*)