Dibanding Provinsi Lain, PPDB SMA Sulsel Masih Terbaik

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Predikat terbaik untuk Sulsel sebagai pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 tingkat SMA masih bisa dipertahankan untuk 2019 ini. Betapa tidak, pelaksanaan zonasi penerimaan PPDB berjalan sesuai perencanaan dan menggunakan sistem yang akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan.

Apalagi, jika hal ini dibandingkan dengan proses pelaksanaan PPDB sistem zonasi di Pulau Jawan dan provinsi lainnya di Indonesia.

“PPDB Sulsel tingkat SMA masih yang terbaik. Silakan saudara lihat sendiri di media betapa banyak sekali kekisruhan terjadi di Pulau Jawa dan lain lainnya. Di Sulsel aman,” ujar Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulsel Dr Adi Suryadi Culla, Rabu (3/7/2019).

Sistem zonasi, lanjut Culla, memberikan dampak baik bagi keadilan untuk seluruh rakyat Indonesia. Karena dengan sistem zonasi tak ada lagi istilah sekolah favorit.

“Karena semua sekolah sama, dimana semua warga memiliki akses yang sama terhadap sekolah yang ada. Siapa yang dekat dengan sekolah itu maka memiliki peluang besar untuk mengakses sekolah itu,” ujar Adi Culla.

Di lain pihak, orangtua siswa juga merasakan manfaat dari PPDB sistem zonasi di Sulsel. Itulah yang disampaikan Suci (41) salah satu orangtua siswa di Makassar yang memasukkan anaknya di salah satu SMA di Makassar.

“Saya tinggal di Jl Cendrawasih, dan anak saya lulus di SMA 2. Dulu anak pertama saya itu beberapa tahun lalu susah sekali masuk SMA 2. Hanya orang berada dan punya jaringan kuat,” ujar Suci, Selasa (2/7/2019) di Makassar.

Sekarang, lanjutnya, sistem penerimaan zonasi ini benar benar membantu para orangtua siswa untuk memiliki akses yang sama untuk bisa menyekolahkan anaknya di SMA yang ada di sekitar rumahnya.

“Dulu kan kami orangtua dekat SMA 2, tapi yang masuk di sini hanya siswa yang pintar dan berada. Sekarang tidak ada lagi, semua sekolah sama dan berkeadilan,” tutur Suci.(*)