Bupati Torut Akui Capaian Pembangunan Infrastruktur Sulsel di Tangan Gubernur NA

Nasdem

SUARACELEBES.COM, TORUT – Bupati Kabupaten Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengakui, semua capaian pembangunan infrastruktur baik darat, laut dan udara meskipun baru 11 bulan menjadi orang nomor satu di Sulsel.

Pembangunan infrastruktur jalan di Toraja Utara sendiri tidak terlepas dari dukungan dan dorongan dari Gubernur Sulsel melalui bantuan keuangan maupun bantuan komunikasi di pusat demi pembangunan di negeri di atas awan ini.

“Ternyata masyarakat Toraja Utara sangat mendambakan pembangunan infrastruktur,” ungkap Bupati Toraja Utara dalam sambutannya, di acara HUT Toraja Utara yang ke 11 tahun, Kamis (22/8).

Pembangunan jalan di Kota Rantepao 143 kilometer, pembangunan jalan sampai ke pelosok desa 296 kilometer, begitu pula pembangunan jalan lintas provinsi yang ada di Toraja Utara mencapai 263 kilometer, sedangkan untuk pembangunan pandestrian mencapai 2254 meter akan diselesaikan tahun ini.

“Pencapaian ini diperkokoh dengan dukungan penuh dari Gubernur Sulawesi Selatan. Dan dengan demikian pembangunan infrastruktur jalan akan semakin meningkat. Jalan 4 ruas dengan lebar 14 meter akan diselesaikan dengan dukungan dana dari bapak Gubernur Sulsel,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Prof. H. M. Nurdin Abdullah mengaku, pada kesempatan ini mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengapresiasi tema hari jadi Kabupaten Toraja Utara yang ke 11 tahun ini, dengan tema “Akselerasi Pembangunan Berwawasan Lingkungan Dengan Optimalisasi Potensi Daerah”.

“Saya harapkan dengan tema ini marilah kita meningkatkan semangat dan komitmen bersama demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Pelayanan yang baik, menghasilkan iklim birokrasi yang bersih,” jelas alumni Unhas Makassar ini.

Menurutnya, birokrasi bersih menciptakan rasa percaya kepada pemerintah. Dan Insyaallah apabila rasa percaya ini kita jaga, maka Kabupaten Toraja Utara akan mudah mendapatkan investor, memajukan pariwisata, memunculkan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, serta tentu saja mensejahterakan masyarakat.

“Tantangan Sulawesi Selatan ke depan adalah berkompetisi dengan daerah-daerah lain di Indonesia untuk mendapatkan aliran dana investasi dan pembangunan. Investasi yang masuk ke Sulawesi Selatan sangat penting, supaya lebih banyak lagi lapangan kerja dapat terbuka dan pengangguran dapat diperkecil, dan saya berharap Kabupaten Toraja Utara menjadi salah satu daerah yang ramah investasi,” pungkasnya.(*)