Satu Tahun Memimpin, NA-ASS Bertabur Penghargaan

Nasdem

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Tak hanya memaksimalkan infrastruktur, satu tahun kepemimpinan gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bersama wakilnya, Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) ternyata sudah menorehkan beragam pengharhaan. Sedikitnya sudah 24 penghargaan yang diraih.

Dua bulan pertama sejak dilantik pada 5 September 2018 lalu, Sulsel dibawah kepemimpinan NA-ASS langsung meraih dua penghargaan. Salah satu penghargaan terbaik adalah pada bulan Oktober meraih Laporan Keuangan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesekian kalinya. Mempertahankan raihan Sulsel dibawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo dan Soni Sumarsono.

Sulsel juga sebagai provinsi yang inovatif dalam pelayanan publik. Dengan meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik melalui Inovasi Sejuta Ikan. Serta penghargaan kelembagaan Berkinerja Utama dalam menguatkan SIDA (Sistem Inovasi Daerah 2018).

Sedangkan pada 2019 ini, dimulai pada ajang Penghargaan Indonesia Maju 2018-2019. Sulsel berhasil keluar sebagai Trend Setter Pembangunan dan Inovasi Daerah.

Di bidang kesetaraan dan keadilan gender, Sulsel meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2019 dan prestasi Pemerintah Tata Kelola Pelayanan dan Penanganan Kasus Terbaik Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Juga sebagai Provinsi dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) terbaik.

Tak ketinggalan di bidang pariwisata, dari Menteri Pariwisata. Sulsel meraih penghargaan sebagai Daerah Wisata Unggulan.

Lalu pada ajang Penganugerahan Kepala Daerah dan BUMD Terbaik 2019, Sulsel meraih tiga penghargaan sekaligus. Ketiganya yaknk Provinsi dengan Tingkat Perekonomian Terbaik, Provinsi Terbaik Kedua untuk Kondisi Keuangan Terbaik, dan Peringkat Ketiga untuk Provinsi Terbaik.

Di Agustus baru-baru ini, Provinsi Sulsel meraih Peringkat 1 Budhipura Provinsi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Nurdin Abdullah di Denpasar Bali, Rabu (28/8). Sulsel berada di peringkat pertama, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah.

‚ÄúTentu ini adalah sebuah apresiasi Pemerintah Indonesia dalam rangka terus mendorong inovasi daerah. Semoga inovasi ini tidak hanya muncul di tingkat pemerintahan, tetapi seluruh elemen masyarakat, sampai lapisan masyarakat paling bawah,” ujar Nurdin ketika itu.

Apresiasi yang diterima pemprov, yakni penghargaan Kategori Pemprov Terpopuler di Media Online dari Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019, Banten, Jumat 30/8.

Nurdin dibawah pemerintahannya, mendorong kolaborasi triple helix antara pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi. Hal itu untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk membangun kesejahteraan rakyat. “Saya yakin dan percaya, itu bisa bersinerja dengan baik, ujarnya.

Masih ada beberapa penghargaan lain yang berhasil diraih. Misal di Bidang Kehutanan. Sulsel berhasil meraih penghargaan Kementerian LHK sebagai provinsi pertama di Indonesia yg menyelesaikan 16 RPHJP sekaligus Juli 2019. Begitu pun menjadi peraih Kalpataru 2019 kategori Pengabdi Lingkungan yang diberikan kepada penyuluh kehutanan di Kapita Jeneponto Juli 2019.

Selanjutnya, juara Harapan 1 Kategori HKM untuk Kelompok Tani Minasa Te’ne Pamai. Tak ketinggalan Penyelesaian RTRWP Bidang Kehutanan 28 Mei 2019.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan, segala prestasi ini merupakan kolektif hasil kerja sama tim. Termasuk dukungan penuh masyarakat.

“Penghargaan itu adalah sebagai pemberi semangat dan motivasi, sekaligus untuk apresiasi terhadap kinerja tim. Jadi bukan gubernur atau wagub secara pucuk pimpinan tetapi tim kolektif pemprov secara keseluruhan. Tentu itu menjadi sebuah vitamin untuk kedepannya jauh lebih baik lagi,” terangnya. (*)