Rayakan Panen, Syahar dan Petani di Sidrap Balapan Motor ‘Taxi’ Bawa Karung Gabah

Nasdem

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – wakil ketua DPRD prov Sulawesi Selatan H.Syaharuddin alrif bersama Warga Desa akakae,kec Wattang Sidenreng kabupaten Sidenreng Rappang punya cara unik untuk setelah panen raya. Mereka menggelar balapan sepeda motor di areal persawahan.

Uniknya, selain menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi, mereka juga diwajibkan membawa sekarung gabah selama balapan. Balapan ini dibuat untuk memupuk kebersamaan antarpetani.

Lanjut syahar “ mengapresiasi acara ini dan tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada para pembalap terutama yang berasal dari luar wilayah kabupaten sidrap atas keikutan sertanya dalam kegiatan tersebut.

Mudah-mudahan ini akan memberi motivasi bagi pembalap lokal untuk lebih berprestasi pada event yang lebih besar. Acara ini banyak skali manfaatnya dan ini menjadi hiburan yg luar biasa saya berharap kedepanya ini akan menjadi tempat pariwisata, kegiatan seperti ini harus kita tingkatkan trus,” ujarnya.

Para peserta balap taksi gabah tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Sidrap, Pinrang, Soppeng, Pangkep dan Barru.

“Balapan sepeda motor ‘Taxi’ ini memang agenda rutin yang kami gelar setiap tahunnya, selain untuk memupuk kebersamaan, juga sebagai wujud suka cita,” kata salah seorang panitia, Laju, kepada awak media, Sabtu (07/09/2019).

Hadiah yang disediakan panitia memang tidak seberapa. Namun para petani antusias mengikuti balapan ini karena rasa kebersamaan. Warga Desa Akakae mengaitkan panen raya dengan kemerdekaan, poin ini menambah semangat mereka untuk ikut dalam keseruan balapan.

Pantauan kami, selama balapan berlangsung ratusan penonton juga tampak antusias bersorak-sorai mendukung peserta. Walau harus jatuh bangun memacu sepeda motor melewati jalan berlumpur serta sejumlah gundukan tanah, tidak membuat para peserta menyerah untuk menyelesaikan lomba hingga garis finish.

Rencananya balapan sepeda motor ‘Taxi’ ini akan digelar hingga Minggu (8/9) mendatang.(*)