Dewas Minta RSU Soppeng  Fokus Program Peningkatan Layanan

Nasdem

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) La Temmamala  Soppeng meminta manajemen rumah sakit plat merah itu untuk fokus membuat berbagai program peningkatan layanan kepada masyarakat.

Untuk itu, manajemen diminta untuk tak lagi menganggarkan program -program besar seperti proyek fisik dengan anggaran skala besar. “RSUD La Temmamala sudah cukup dengan fasilitas yang ada sekarang. Setelah membangun UGD dan juga UGD khusus Kebidanan yang sementara berjalan, rasanya sudah cukup mereka membangun fasilitas berkapitalisasi besar. Sebaiknya mereka fokus pada beberapa program kecil tapi bernilai besar untuk layanan,” kata Ketua Dewas RSU La Temmamala Soppeng, Dr. Nurmal, Selasa (9/8).

Menurutnya, fasilitas fisik yang ada di rumah sakit saat ini sudah memadai untuk rumah sakit dengan type C. Selain itu lahan yang ada sudah semakin sempit. “Semua standar RSU Type C sudah dimiliki. Jangan sampai hanya memboroskan anggaran saja. Baiknya mereka fokus pada peningkatan layanan terutama perbaikan sanitasi rumah sakit,” ujarnya.

Beberapa program perbaikan layanan kata Nurmal, harus dilakukan seperti peningkatan fasilitas toilet yang selama ini banyak dikeluhkan. Selain itu perbaikan kenyamanan di ruang tunggu poliklinik, penambahan ruang parkir serta perbaikan fasilitas di ruang-ruang perawatan. “Toilet misalnya, itu mesti ditingkatkan. Kalau bisa buat toilet sekelas hotel bintang 3. Jangan sampai orang sakit malah semakin sakit setelah keluar dari toilet,” katanya.

Program peningkatan kebersihan dan keindahan juga perlu dilakukan. “Taman- taman di dalam rumah sakit seperti terabaikan dan terkesan gersang. Coba tata lebih baik agar bisa lebih kelihatan indah. Disitu kan orang sakit semua yang butuh kesegaran agar bisa cepat sembuh,” ujarnya.

Di bidang sumber daya manusia, manajemen rumah sakit diminta meningkatkan keterampilan dan kesopanan karyawannya. Para karyawan rumah sakit yang selama ini bertugas melayani pasien agar dibiasakan bersikap ramah dan selalu tampil menarik.

“Mereka garda terdepan pelayanan. Harus selalu tampil murah senyum dan bersih. Manajemen harus tegas dalam melakukan perubahan. Kalau saat ini layanan sudah dianggap baik mengapa tidam berpikir untuk lebih baik lagi,” tukasnya.(*)