Gubernur Sulsel Beri Perhatian ke Guru, Bangun Bangun Sekretariat PGRI

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Pemprov Sulsel memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas guru. Salah satu upayanya dengan membangun sekretariat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di semua daerah.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, PGRI merupakan wadah bagi guru untuk memperjuangkan organisasinya. Makanya dibutuhkan kehadiran gedung, yang menjadi pusat aktivitas mereka.

Makanya Pemprov Sulsel siap memfasilitasi. Terutama untuk persoalan lahan. Nantinya pembangunan tersebut tetap mereka komunikasikan bersama seluruh kabupaten/kota.

“Gedung PGRI memang harus ada dan sangat pemting di setiap kabupaten/kota. Mereka (guru) harus punya wadah atau tempat untuk memperjuangkan aspirasinya,” ungkap Nurdin, Kamis, 3 Oktober.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Asri Sahrun Said menambahkan, perbaikan pendidikan tentu membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satunya kehadiran sekretariat atau gedung untuk PGRI.

“Kita siap berkolaborasi. Nanti kami akan komunikasikan dengan PGRI seperti apa pembangunannya,” ujarnya.

Ketua PGRI Sulsel, Prof Hasnawi Haris mengaku, bergembira dengan bentuk apresiasi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Ia sangat bersyukut ketika pemprov mau memfasilitasi pembangunan gedung PGRI.

“Program prioritas pengurus PGRI Sulsel itu memang salah satu di antaranya adalah pengadaan sekertariat PGRI provinsi. Kebetulan kita punya sekretariat sekarang sangat sederhana,” sebut Hasnawi.

Menindaklanjuti hal tersebut, dalam waktu dekat pengurus PGRI Sulsel akan melakukan audiensi bersama gubernur. Untuk membicarakan rencana lokasi dan banyak hal soal sinergi program PGRI lain ke depan.

“Di kabupaten/kota kita juga dorong. Beberapa kabupaten/kota sebenarnya sudah punya. Yang belum ini kita mau dorong supaya bisa ada gedung PGRI tiap wilayah,” lanjutnya.

Hasnawi berharap, sekretariat PGRI di semua wilayah se-Sulsel bisa menjadi ruang koordinasi antarpengurus. Utamanya menjadi tempat untuk peningkatan kualitas SDM guru.

“Ini juga pesannya gubernur, PGRI sebagai mitra strategis pemerintah provinsi, kabupaten/kota, diminta mengambil posisi yang signigikan untuk mengakselerasi peningkatan kualitas SDM,” terangnya. (*)