Festival Salo Karajae Sukses Digelar, Disporapar Makin Termotivasi Kembangkan Pariwisata Parepare

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Sukses menyelenggarakan Festival budaya dan wisata Salo Karajae, Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) makin termotivasi mengembangkan potensi wisata yang ada.

Hal itu dikemukakan Plt. Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka, usai penutupan gelaran festival di kawaaan Tonrangeng River Side.

“Alhamdulillah. Setelah Festival Salo Karajae ini kita gelar kami tentu makin termotivasi dalam pengembangan pariwisata kita di Parepare,” terang Hamka.

Keberhasilan menyelenggarakan agenda tahunan Pemkot Parepare itu, kata Hamka, tidak lepas dari dukungan seluruh pihak terutama bimbingan dari Walikota Parepare HM Taufan Pawe, bagaimana merancang rangkaian acara mulai awal hingga akhir.

Pembukaan festival dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof DR Nurdin Abdullah dan Kapolda SulSel, Irjen Pol. Mas Guntur Laupe.

“Kita bangga tentunya karena baru kali ini festival dibuka langsung bapak Gubernur dan Kapolda SulSel. Selama Enam hari pelaksanaan even, animo masyarakat cukup besar baik lokal maupun dari luar daerah,” kata dia.

Festival Salo Karajae, tambah Hamka, akan menjadi event nasional. Hal itu sejalan dengan tekad pemerintah kota yang ingin menjadikan Parepare sebagai kota tujuan yang ada di Sulawesi Selatan.

“Event-evet budaya lokal dan pariwisata kami gelar selama ini sebagai penunjang untuk menjadikan kota Parepare sebagai kota tujuan,” ungkap Hamka.

Mantan ajudan Gubernur Sulawesi Selatan, Amin Syam, itu menambahkan, berbagai acara kesenian ditampilkan dalam festival salo karajae baru-baru ini.

Acara dikemas begitu menarik namun tetap menjaga budaya lokal sehingga masyarakat yang menjadi peserta antusias tampil memberikan yang terbaik. Juga sebagai wadah untuk mengembangkan bakat serta kreatifitas.

“Kita juga berikan kesempatan bagi dunia usaha kescil menengah untuk mempromosikan produk dan jasa yang dihasilkan,” tutup Hamka.

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengapresiasi event wisata budaya yang berhasil menyita perhatian masyarakat tersebut.

Taufan Pawe mengatakan, pelaksanaan festival Salo Karajae yang dirangkai dengan festival budaya lokal Mallipa di kawasan Tonrangeng itu membuat roda perekonomian di kota Parepare berjalan. Sehingga mampu meningkatkan perputaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Taufan berharap, penyelenggaraan Festival Salo Karajae menjadi momentum untuk mengembangkan ekonomi kreatif, agar dapat menciptakan lapangan kerja lebih banyak di Parepare. Meningkatkan perekonomian dan tentu kesejahteraan masyarakat pun juga meningkat.

“Kita apresiasi karena Festival ini juga telah mengangkat keberadaan objek wisata Salo Karajae. Salo Karajae ini menyimpan sejuta pesona yang memiliki daya tarik,” ungkap Taufan Pawe. (*)