Luthfi A Mutty : Kebijakan Gubernur Beri Bantuan Warga Sulsel di Wamena Sudah Tepat

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Kebijakan dan langkah yang diputuskan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Sulsel di Wamena mendapat respon positif dari berbagai elemen dan tokoh Sulsel.

Mantan anggota DPR RI Luthfi Andi Mutty menegaskan, tidak ada yg salah jika ada pemda yg memberi bantuan atas terjadinya kerusuhan di daerah lain. Bahkan harus diapresiasi.”Bantuan itu harus dimaknai sebagai bantuan kemanusiaan. Karena ada bagian dari anak bangsa yg tertimpa musibah,” jelas mantan Staf Ahli Wapres RI ini.

Lebih jauh dijelaskan, bantuan kepada warga Sulsel di Wamena sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemda Sulsel semata, akan tetapi Pemda setempat juga harus bertanggungjawab atas musibah yang dialami warga Sulsel didaerahnya.

Oleh karena itu menurut mantan Bupati Lutra dua periode ini, memberi bantuan menyebut dari daerah asal adalah tindakan keliru. Karena itu, bantuan tidak boleh dimaknai bahwa pemda mengurus warganya, karena ketika seorang warga telah memutuskan pindah daerah, sebenarnya dia telah menjadi warga di daerah itu seutuhnya.

Jadi, bantuan sebuah pemda
atas masalah yg menimpa warga di daerah lain, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah asal warga tersebut melainkan dapat dilakukan lewat institusi resmi dari pemda setempat yang ditimpa bencana.”Di setiap daerah ada BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Ada juga Dinas Sosial. Sebuah pemda yang hanya berharap bantuan dari daerah asal warga yang tertimpa bencana, adalah tindakan tidak dewasa. Sebuah tindakan mempermalukan daerah yg ditimpa musibah. Bisa saja dianggap mereka tidak mampu menyelesaikan masalah. Selain itu, tidak menumbuhkan semangat “keIndonesiaan” serta tidak mendorong tumbuhnya semangat “cross cutting affiliation”,” tegas pakar pemerintahan ini.(*)