PJU TS Kota Palopo Diresmikan

SUARACELEBES.COM, PALOPO – Pene jalan umum tenaga surya (PJU-TS) kota palopo di jalan lingkar Timur kawasan Pelabuhan Tanjung Ringgit akhirnya Diresmikan penggunaannya pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Wakil Walikota Palopo Ir H Rahmat Masri Bandaso, yang mewakili Walikota Palopo,  HM Judas Amir, bersama pihak Direktorat jenderal energi baru, terbarukan dan konservasi energi kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) bersama sama pada peresmian PJU TS.

Wakil walikota pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang dan terimakasih yang sebesar- bessrnya kepada kemeterian ESDM atas apa yang telah diterim Kota Palopo.

“Keberadaan PJU TS ini tentunya akan sangat membantu baik pemerintah terlebih lagi masyarakat pengguna jalan,” Ungkap Wawali.

Wawali juga berharap agar pemerintah pusat melalui kementerian tetap memperhatikan husus ke kota palopo, untuk membantu pengembangan kota palopo kedepan.

” masih banyak lokasi kita yang memerlukan PJU TS ini, Terutama di daerah pegunungan yang selama ini masih menggunakan alat sederhana buat penerangan mereka ,” ungkap wakil walikota.

Wawali menambahkan bahwa letak wilayah Kota palopo juga punya potensi tenaga angin atai bayu dan berharap ini juga menjadi perhatiannagar kedepannya dapat dimanfaatkan.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM, Alimuddin Baso, ST. M.BA pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pemerintahan saat ini tengah mendorong untuk pengembangan energi baru dan terbarukan.

” kemampuan penggunaan energi fosil, lambat laun akan kita kurangi. Dan kedepan, penggunaan energi fosil itu akan kita gunakan untuk meremover untuk kegiatan- kegiatan yang memberi nilai tambah ditempat lain,” jelas Alimuddin.

Ia juga menyampaikan dengan kehadiran energi baru yang tersuplai hingga ke derah tentu dibutuhkan komitmen sebagai bagian dari integrasi dari program pemerintah.

” saya sudah cek tadi di tim, bahwa proses pengusulan kegiatan ini juga sudah dikolaborasikan. Usulan dari pemerintah kota menjadi prasyarat, lalu di assesment oleh Kementerian energi sebagai usulan untuk bisa dimasukkan dalam anggaran berikutnya,” ungkap Alimuddin.

Alimuddin juga berharap setiap usulan sebaiknya segera dimasukkan, tapi langusng atas nama pimpinan daerah. Agar secepatnya bisa dikonsolidasikan dengan dengan pemerintah pusat.

” Kebetulan di bagian energi baru ini, ada khusus yng mendesain rencananya pada bagian direktorat aneka energi,” jelas Alimuddin.

Terkait energi terbarukan yang bersumber dari angin bayu, lanjut Aminuddin Baso, memang baru ada 2 yang kita bangun secara besar besaran, yaitu di Sidrap dan jeneponto.

“Itu pun sebenarnya bagian dari program investasi dari luar yang dideliver oleh pemerintah, dan dibuatkan regulasi untuk bisa dimanfaatkan,” Tandasnya.

Peresmian PJU TS tersebut turut dihadiri unsur forkopimda kota Palopo, kadis LH dan Kebersihan kota palopo, beserta jajarannya, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah serta para camat dan lurah lingkup pemkot palopo.(*)